caption trialgame

Tips Dasar Menunggangi Motor Trail

Sunday, 6 March 2016

Tidak sedikit yang mengatakan bahwa menunggangi motor trail layaknya mengemudikan sepeda yang memiliki kekuatan yang luar biasa.  Prasangka ini tidak salah namun menguasi motor trail memerlukan kemampuan lebih serta waktu yang lebih lama dibandingkan kendaraan roda dua lainnya. Kendati hanya bersenang-senang di lintasan atau di alam bebas, Anda memerlukan kewaspadaan ekstra saat menunggangi motor trail.

Artikel ini ditulis untuk membantu mereka yang belajar menunggangi motor trail tanpa bantuan profesional .  Ada beberapa tips yang bisa membuat pengalaman menaiki motor trail menjadi nyaman dan mampu memahami kekuatan dari sepeda motor Anda.

Memacu motor trail anda bukan hanya memerlukan pengalaman namun juga membiasakan diri pada tenaga sepeda motor serta memiliki teknik dasar mengendalikan motor. Menyaksikan para pebalap bro juga bisa memberikan insipirasi bagaiman cara mengendalikan motor trial. Melihat contoh dengan mata kepala sendiri biasanya lebih mudah sebelum akhirnya kita menirukannya di lintasan nanti.  Apa saja yang diperlukan untuk bisa menunggangi motor trail dengan benar dan membuat kemajuan pesat pada kemampuan mengendalikan motor? Berikut adalah beberapa tipsnya.

Posisi Tubuh
Mendapatkan posisi tubuh yang sempurna, mungkin adalah hal yang tersulit dalam mengendalikan motor trail. Posisi tubuh bukan hanya duduk atau berdiri di atas motor. Posisi tubuh yang bener melibatkan kesempurnaan dalam meletakan posisi lutut, posisi kaki anda di pijakan, posisi lengan, letak jari tangan serta bentuk dari punggung Anda.

Bukan hal yang berlebih jika kami mengatakan bahwa anda akan menghabiskan waktu berdiri saat menaiki trail Anda. Anda tidak bisa membalap atau menaklukan rintangan dengan efektif jika menggunakan pose duduk di atas motor.

Jadi posisi berdiri seperti apakah yang sempurna ? Anda pernah mendengar posisi menyerang? Pertama yang haru dilakukan adalah jangan berdiri terlalu tegak atau terlalu ke belakang. Posisikan kepala anda sedikiti di depan stang motor anda dan posisikan badan anda sedikit merunduk. Hal ini memudahkan untuk menjepit tangki bensin anda dengan lutut untuk memudahkan control sepeda motor.

Pastikan telah menemukan posisi ideal untuk menempakan kaki pada pijakan kaki motor. Biasanya ditengah telapak kaki adalah posisi yang ideal bagi sebagian besar orang.  Condongkan tubuh ke depan, angkat lengan anda dan arahkan siku ke luar. Jika sudah bisa melakukannya, Anda telah melakukan posisi menyerang dengan benar.

Mengatur penggunaan Kopling dan Rem
Jika dalam sebuah balapan, menguasai kopling adalah hal yang penting. Banyak pembalap sering menggunakan kopling saat ingin pindah ke gigi yang lebih rendah untuk melahap sebuah tikungan. Hal ini berdampak pada hilangnya tenaga motor trail Anda.  Gunakan rem anda dan temukan betapa efektifnya teknik ini saat anda keluar dari tikungan lebih cepat dibandinkan rival Anda.  

comments

`