caption trialgame

Ini Dia Cara Atasi Rantai Motor Trail Longgar

Tuesday, 3 April 2018

Rantai bekerja sebagai penyalur tenaga dari mesin ke roda dan seiring pemakaian, rantai bisa mulur atau aus yang membuat rantai menjadi kendur atau longgar. Apa sih yang harus dilakukan? Idealnya tentu adalah dengan mengganti rantai yang sudah longgar tadi dengan yang baru. Karena rantai yang longgar sudah pasti tidak akan menghasilkan traksi maksimal serta menghasilkan bunyi-bunyian yang berisik.  Belum lagi jika kemudian rantai tersebut lepas dari mata rantai ketika sedang berpetualang.

Opsi pertama yang bisa Anda lakukan adalah melakukan pemotongan rantai kembali agar kencang seperti sediakala. Tapi ingat ya opsi ini hanya boleh dilakukan dalam kondisi darurat saja. misalnya saat berada di tengah medan offroad, dan rantai motor trail Anda kerap lepas akibat longgar. Karena jika Anda memaksakan terus menggeber motor trail dengan kondisi ini, maka sudah pasti cepat atau lambat rantai akan putus karena dipaksakan.

Tapi kan jika sudah dipotong rantainya sudah kembali kencang? Harusnya aman dong? Ternyata jawabannya adalah tidak. Karena rantai kendur akibat penggunaan sudah mengalami beragam pengikisan pada komponennya sehingga daya tahannya sudah jauh berbeda dengan rantai baru. Dampakanya pun berbeda jika Anda membeli rantai baru dan kemudian harus memotongnya, dibandingkan dengan memotong rantai yang telah kendur.

Cara lain adalah dengan memasang part tambahan pada motor trail Anda yaitu stabilezer rantai. Tapi kami kembali tekankan bahwa pemasangan alat ini tidak direkomendasikan pada motor trail yang sering dibawa berpetualang ke medan offroad. Jika anda menggunakan motor trail dual sport maka jika rantai telah kendur maka alat ini bisa menjadi solusi yang tepat.

Fungsi dari stabilizer rantai yaitu untuk menekan rantai yang kendur supaya tetap stabil. Roda stabilizer akan membantu menyangga sekaligus menekan rantai yang bergerak, sehingga tingkat kekencangan rantai bisa terjaga.Stabilizer rantai juga bisa mencegah terlepasnya rantai pada saat kendur. Alat ini juga bisa untuk meredam getaran yang terjadi pada rantai. Biasanya jika telah dipasang stabilzer rantai, maka suara gesekan rantai menjadi lebih halus. Tapi ingat ya, jika ingin menggunakan alat ini, gunakan yang memiliki kualitas bagus karena saat ini banyak stabilizer rantai yang beredar dengan kualitas yang jelek.

comments

`