caption trialgame

Motor Adventure Replika Ini Cuma Ada 100 Lho

Tuesday, 30 April 2024

Motor Adventure Replika Ini Cuma Ada 100 Lho


Motor adventure edisi replika akhir-akhir ini semakin digandrungi, walaupun harga jualnya terhitung cukup bikin saldo rekening Anda berkurang drastis. Nah yang baru saja meluncurkan edisi replika terbaru adalah KTM yang hadir dengan edisi replika Reli Dakar untuk Model Year (MY) 2025. Model telah mengalami banyak perubahan dan terbatas. Yang lebih menghebohkan lagi, mereka hanya memproduksi 100 unit saja.

Kekuatan KTM telah mendominasi di kejaraan Reli Dakar dengan 19 kemenangan di ajang ini sejak tahun 2001.  Versi produksi sepeda reli pabrikannya, KTM 450 Rally Replica, memasuki generasi baru pada tahun 2025. Perubahan pada 450 Rally Replica 2024 meluas mulai dari powertrain hingga sasis dan menjadikannya sebagai perubahan generasi sebanyak mungkin.

Tentu mesinnya masih satu silinder 450cc, dan berasal dari motor yang digunakan pada sepeda motor motocross 450 SX-F dan motor enduro 450 EXC-F. Untuk tahun 2025, sepeda motor ini menggunakan head-silinder baru (dengan layout SOHC), kopling dan girboks yang diperkuat. Selain itu, radiator diganti dengan tata letak radiator ganda.

Rangkanya memiliki pelindung ke arah belakang dan ke bawah menuju dudukan mesin. Itu terbuat dari baja dan masih diberi anodisasi oranye di balik penutup itu. Bagian-bagiannya dipotong dengan laser, dan semuanya dilas dengan tangan di fasilitas KTM Motorsports di Mattighofen.

Rangka ini memiliki parameter kelenturan longitudinal dan torsi yang dihitung secara khusus dibandingkan dengan konstruksi rangka teralis baja sebelumnya. Tetapi tetap mempertahankan umpan balik pengendara yang luar biasa, penyerapan energi, dan stabilitas garis lurus.

Pada Replika Rally ’25, KTM menggunakan tangki bahan bakar tambahan berkapasitas 16 liter baru yang berfungsi ganda sebagai subframe. Dikombinasikan dengan dua tangki di depan, satu berkapasitas sembilan liter, yang lain 9,5 liter, keseluruhan mampu mengelola total bahan bakar sebesar 34,5 liter.

Lengan ayun aluminium die-cast baru yang berongga bekerja bersama dengan shock belakang WP Xact Pro 7750. Sedangkan bagian depan menggunakan fork kartrid tertutup 48mm WP Xact Pro 7548,  ada juga peredam kemudi dari Scotts.

Secara ergonomis, sebagian besar kokpit ditempati oleh menara navigasi khas sepeda motor dakar, namun kini diposisikan di belakang fairing yang didesain ulang. Dimaksudkan untuk meningkatkan aerodinamis dan mengurangi hentakan. Dasbornya sendiri lebih sempit dan kompak, sementara lampu depan LED baru diklaim meningkatkan keluaran pencahayaan sebesar 33 persen. Gimana makin ngiler kan buat nyobainnya ?

 

comments

`