caption trialgame

Mudah Bersihkan Tanki Bensin Motor Trail

Tuesday, 30 April 2024

Mudah Bersihkan Tanki Bensin Motor Trail


Membersihkan tanki motor trail, bukan sesuatu hal yang biasa dilakukan oleh para pemilik motor trail. Karena hal ini biasanya tidak termasuk rutinitas pemiliharan motor trail. Namun ada beberapa kondisi yang menyebabkan Anda harus melakukan hal ini. Misalnya saat melakukan trail adventure, dan mengisi bensin sendiri dengan bahan bakar yang Anda bawa. Ada kemungkinan debu masuk saat anda membuka penutup tanki.

Skenario lainnya adalah anda membeli motor trail bekas yang usianya tidak muda lagi. Biasanya motor trail tua, apalagi yang sudah lama tidak digunakan, memiliki kondisi bagian dalam tanki yang tidak prima. Karat dan kotoran akibat pengendapan bahan bakar, sudah pasti akan Anda temukan.

Tanki bensin yang kotor bisa menyebabkan terjadinya penyumbatan pada fuel injector di mesin 4 tak. Sementara pada mesin 2tak, hal ini akan membuat karburator anda kotor. Yang jelas kedua kondisi di atas akan membuat motor trail Anda tidak dalam perfoma optimalnya, dan jika dibiarkan akan merusak beragam komponen didalamnya.

Apa saja sih langkah untuk membersihkan tanki motor trail? Kami punya step by stepnya, jadi ikuti penjelasan berikut ini ya.

  1. Lepas tanki dari motor trail

Jangan membersihkan tanki dengan kondisi masih terpasang pada motor trail. Lepaskan bagian ini. prosesnya tidak sulit kok, hanya beberapa baut saja yang perlu Anda lepas.

 

  1. Cuci tanki

Ada beberapa teori yang mengatakan bawah sabun dan air adalah cara terbaik untuk membersihkan tanki motor trail. Jangan lakukan hal itu, terlebih jika Anda menggunkan tanki berbahan dasar metal. Gunakan saja bensin untuk membersihkan bagian dalam tanki. Tuang bensin baru ke dalam tanki, kemudian kocok-kocok tanki dengan keras. Hal ini dimaksudkan agar kotoran yang menempel di dinding tanki rontok semua.

Tuang bensin yang digunakan untuk mencuci ke sebuah wadah yang sebelumnya sudah dilapis kain untuk memfilter kotoran yang keluar dari tanki. Hal ini juga dimaksudkan agar bensin bisa Anda gunakan kembali untuk mencuci. Lakukan hal ini hingga 2 atau 3 kali untuk mendapatkan hasil yang optimal. Sedikit catatan, jika ternyata setelah 3 kali proses pencucian ternyata masih terdapat kotoran dalam tanki Anda, kami sarankan untuk segera mengganti tanki tersebut karena biasanya sudah terdapat karat yang cukup banyak pada tanki tersebut.

 

  1. Keringkan Tanki

Sebenarnya Anda tidak perlu mengeringkan tanki, karena bensin akan menguap dengan sendirinya. Namun ada baiknya untuk membiarkan tanki sejenak, agar benar-benar kering dan semua bensin telah menguap. Jika perlu gunakan, kompresor udara untuk meniup kluar semua sisa bensin.

 

  1. Pasang kembali tanki

Sebelum memasang tanki, ada baiknya anda juga membersihkan baut-baut dan lubang baut pada tanki, sehingga terlihat lebih terawat. Jika sudah, langsung pasang kembali tanki dan isi dengan bensin baru ya, jangan gunakan bensin yang Anda pakai untuk mencuci tanki tadi.

 

 

 

comments

`