caption trialgame

Ini Dia Parade Motor Trail Terbaru

Friday, 1 April 2016

Produsen otomotif raksasa asal Jepang yaitu Honda, baru-baru ini meluncurkan prototype terbaru mereka. Motor trail yang diberi kode CRF250 ini diluncurkan pada ajang Osaka Motorcycle Show beberapa waktu lalu.

Honda CRF250 merupakan perpaduan dari dua motor trail Honda yang sudah dirilis sebelumnya, yaitu Honda CRF2050L dan CRF450. Honda mengklaim bahwa motor trail berbaru mereka memiliki tingkat kenyamanan yang  tinggi kendati ditunggani di jalanan berbatu. Dengan menggunakan mesin Honda CBR250R, motor ini diyakini tidak memiliki masalah melahap jalan aspal dengan kecepatan tinggi.

Sementara itu produsen sepeda motor listrik asal Italia, Armotia, juga tidak ingin ketinggalan untuk meluncurkan lini motor trail terbaru mereka Tangk tanggung-tanggung, Armotia langsung meluncurkan dua jenis yaitu Armotia Due R dan Armotia Due X, keduanya menggunakan memiliki sistem penggerak dua roda.

Uniknya motor produksi Armotia ini memiliki dua penggerak bertenaga listrik masing-masing di roda belakang dan depan. Roda depan digerakkan menggunakan motor listrik independen sedangkan ban belakang menggunakan rantai yang terhubung langsung ke motor. Kendati bertenaga listrik,  Armotia mengklaim produknya mampu menjelajah berbagai medan sulit, seperti tanjakan terjal hingga jalan berbatu.

Motor Armotia digerakkan dari sumber listrik dengan baterai berdaya 5,1 kWh. Motor listrik di roda depan menghasilkan tenaga setara 15 hp. Kecepatan maksimum yang bisa dicapai pada tipe Due X adalah 90 km/jam  dan Due R bisa menyentuh 90 km/jam . Sepeda motor ini juga dibekali smartphone yang terhubung ke sistem telemetri mesin, sehingga pengendara dapat mengetahui seluruh kondisi mesin. Perangkat tersebut juga dilengkapi sistem GPS dan bluetooth.

Seolah tidak ingin kalah dari pesaing manca negaranya, produsen otomotif lokal Viar juga menghadirkan tipe terbaru motor trail mereka. Dengan menggunakan nama Viar CrossX 200GT, motor ini merupakan pengembangan dari tipe terdahulu yaitu CrossX200SE.

Viar CrossX 200GT tampil dengan menggunakan konsep desain motor trail dual-purpose, sehingga tak hanya bisa dikendarai di lintasan offroad tapi juga di jalan raya. Desain lampu depan menggunakan model diamond cut serta dilengkapi lampu sein dan panel indikator yang dipasang di atasnya.

Dengan dimensi  anjang 2.030 milimeter, lebar 920 mm, dan tinggi 1.360 mm, Viar CrossX 200GT  memiliki terendah ke tanah 200 mm dengan berat 117 kilogram.  Motor ini menggunakan  mesin satu silinder empat langkah berkapasitas 200 cc SOHC berpendingin udara. Mesin yang mampu menghasilkan tenaga 10 Kw pada 7.000 rpm dan torsi atas 13,5 nm pada 7.000 rpm dikombinasikan dengan sistem transmisi manual multiplate wet clutch lima percepatan.

Dengan semakin banyaknya produsen otomotif yang memproduksi motor trail, pilihan untuk berkendara bagi para pecintanya semakin banyak. Jadi sudah menjatuhkan pilihan ke motor yang mana ?

Image credit : www.world.honda.com , www.armotia.com. www.viarmotor.com

 

comments

`