caption trialgame

Etika Trail Adventure

Thursday, 23 February 2017

Saat menunggangi motor trail, kadang kita terlena dan mudah lupa akan waktu serta tempat. Apalagi jika melakukan trail adventure bersama rekan-rekan. Tanpa disadari terkadang kegiatan ini memberikan gangguan bagi masyarakat sekitar yang kebetulan berada di jalur trail adventure Anda. Tak jarang juga terjadi gesekan dengan masyarakat setempat hingga timbul keributan-keributan kecil.

Apa yang mesti dilakukan agar tetap bisa berpetualangan dengan motor trail tanpa menimbulkan ‘gesekan’? Yang diperlukan adalah etika. Ketika bicara tentang etika dalam trail adventure, maka setidaknya ada dua hal yang akan menyeruak yaitu etika sosial dan etika lingkungan.

Etika terhadap lingkungan menjadi sangat penting diperhatikan, karena kegiatan trail adventure memanfaatkan alam sebagai media. Artinya setiap kegiatan di alam, apapun bentuknya, akan punya potensi untuk merusak alam atau hutan. Bicara tentang hutan harus melihatnya dari pandangan yang lebih luas yaitu hutan sebagai ekosistem. Hutan bukan hanya berisi kayu semata, namun juga ada kehidupan lainnya seperti satwa liar yang juga patut diperhatikan kelestariannya.

Lho, kegiatan offroad khan tidak sampai merusak atau menebang kayu di hutan? Itu kalau bicara hutan hanya sebatas kayu. Tapi pemikiran kita harus dibuka lebih luas lagi bahwa hutan itu adalah sebagai sebuah ekosistem yang berisikan tumbuhan, satwa, tanah dan juga masyarakat lokal yang memanfaatkan hutan untuk kehidupan mereka.

Untuk etika sosial ada beberapa hal penting yang bisa Anda lakukan agar kegiatan trail adventure menjadi nyaman dan aman baik bagi yang melaksanakannya atau masyarakat sekitar lokasi petualangan Anda. Apa saja sih hal-hal yang sekiranya harus dilakukan untuk mendapatkan pengalam trail adventure yang menyenangkan? Simak beberapa point dibawah ini ya.

  • Ketika melalui jalan umum termasuk jalan di perkampungan, kendarailah motor dengan santun, tidak perlu kebut-kebutan ataumenggeber gas motor Anda.  Kasih kesempatan untuk masyarakat setempat untuk melintas, jangan asal pacu motor trail Anda saja.
  • Ketika konvoi lewat jalan raya, jangan sampai mengganggu pengguna jalan lainnya. Ingat jalan umum adalah milik semua orang, hargai juga orang lain yang mau lewat.
  • Jika offroad di sekitar ladang atau lahan pertanian, jangan sekali-kali melindas tanaman petani. Dan jika secara tidak sengaja Anda melakukan hal itu, segera minta maaf ke petani dan jika perlu ganti biaya kerusakan tersebut.
  • Jangan memetik buah atau tanaman secara sembarangan, ingat mungkin saja pohon itu merupakan kebun seseorang.
  • Minimalkan membuka jalur offroad baru, lebih baik gunakan jalur yang sudah ada saja.
  • angan pernah membuang sampah plastik, botol minuman atau putung rokok ketika offroad. Sampah-sampah itu sangat sulit hancur secara alami, jadi bisa-bisa di hutan jadi penuh sampah nantinya. Putung rokok juga bisa menimbulkan kebakaran hutan, apalagi di musim kemarau panjang. Bawalah selalu kantong sampah dan tempat untuk putung rokok anda.

Beberapa tips di atas adalah hal sederhana yang bisa Anda lakukan saat trail adventure. Kami yakin hal-hal di atas bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan bukan? jadi yuk mulai melakukannya dari sekarang.

comments

`