caption trialgame

Honda CRF 250 Rally, Desain Lebih Gahar dan Anti Mainstream

Monday, 13 February 2017

Tak hanya merilis motor sport, baru-baru ini pabrikan berlogo sayap tunggal juga merilis motor adventure bertenaga besar, Honda CRF 250 Rally. Motor ini sangat cocok bagi konsumen tanah air yang mencari motor tangguh untuk melewati semua medan jalan. Selain menawarkan segudang fitur unggulan yang tak dimiliki motor adventure sekelasnya, Honda CRF 250 Rally juga mengusung desain lebih gahar dan anti mainstream.

Honda CRF 250 Rally terlihat unik dengan hadirnya Dual Asymmetry LED Headlight dan Floating Wind Screen yang terpasang pada bagian depan. Menariknya lagi, headlamp Honda CRF250 Rally bagaikan dua buah bola mata yang menatap tajam kedepan. Desain anti mainstream dan berbeda jauh dengan Kawasaki KLX 250 yang terlihat lebih kalem. Headlamp tersebut dibuat menyatu dengan Floating Wind Screen, sehingga meningkatkan aerodinamika motor Adventure yang satu ini.

Untuk dimensi, Honda CRF 250 Rally memiliki bodi berukuran panjang 2.210 mm, lebar 900 mm, dan ketinggian 1.425 mm. Sedangkan untuk tinggi joknya berukuran 895 mm dan bobotnya mencapai 155 kg. Menariknya lagi, motor ini memiliki Ground Clearance yang tergolong tinggi, yaitu mencapai 270 mm. Dibandingkan motor sport yang rata-rata memiliki ground clearance 160mm, tentunya dibutuhkan adaptasi khusus sebelum mengendarai Honda CRF250 Rally.

Pada bagian jantung pacu terpasang mesin 4-Stroke, DOHC dengan satu silinder berkapasitas 249cc. Untuk menstabilan suhu mesin, Honda melengkapinya dengan sistem pendingin Liquid- Cooled. Berbekal msin tersebut, Honda CRF 250 Rally mampu menghasilkan torsi sangat besar, dan power maksimal yang sulit tertandingi rival-rivalnya. Selain itu, Honda CRF250 Rally dilengkapi sistem pembakaran PGM-FI yang membuat kinerja mesin semakin responsif dan irit bahan bakar.

Berbekal mesin diatas, Honda CRF 250 Rally mampu mengeluarkan tenaga sebear 18.2 KW pada 8.500 rpm. Sedangkan torsinya menembus 22.6 Nm pada 6.750 rpm. Tenaganya tak terlalu besar, namun Honda CRF250 Rally menawarkan torsi melimpah yang diraih pada rpm rendah sampai rpm tinggi. Alhasil motor ini sangat menyenangkan untuk dikendarai pada medan off-road ataupun jalanan beraspal. Selain itu, Honda menyediakan sistem transmisi 6 percepatan yang dipadukan dengan kopling bertipe multi-plate hydraulic.

Konsumsi bahan bakar Honda CRF 250 Rally diklaim mencapai 33.3 km/liter dan tersedia tangki bahan bakar yang bisa menampung BBM hingga kapasitas 10.1 liter. Berbekal mesin yang irit, motor ini bisa diajak berpetualang tanpa perlu khatir kehabisan bahan bakar. Tak hanya itu saja kelebihannya, karena masih ada rangka bertipe Steel Twin Tube yang dipastikan tahan banting dan memiliki bobot sangat ringan.

Dengan bobot lebih ringan, motor ini akan lebih lincah ketika dipakai melewati berbagai medan jalan. Sayangnya Honda CRF 250 Rally masih memakai mesin satu silinder. Padahal rivalnya, yaitu Kawasaki Versy 250 memakai mesin 2 silinder yang diadaptasikan dari mesin Kawasaki Ninja 250 FI. Sejatinya kedua motor ini memiliki pangsa pasar berbeda. Pasalnya, Honda CRF250 Rally memiliki kemampuan off-road dan on-road yang menjadi satu kesatuan. Sedangkan Kawasaki Versy 250 lebih cocok dipakai touring dijalanan beraspal. Tertarik?RW

Sumber : otomania.com

comments

`