caption trialgame

Merestorasi Motor Trail Tua

Friday, 20 May 2016

Terkadang saat dewi fortuna tersenyum, Anda tidak bisa menebak apa yang terjadi. Mungkin saat mengunjungi rumah teman atau saudara, Anda menyadari ada sebuah motor trail tua yang teronggok tak terawat di dalam garasi. Hal tersebut pasti akan menarik perhatian Anda, sehingga memberanikan diri untuk meminta trail tersebut. Dan saat dewi fortuna tersenyum, Anda tidak akan mempercayai keberuntungan Anda.

Beberapa perbaikan dan restorasi tentu diperlukan agar motor tersebut bisa kembali berfungsi seperti sedia kala. Kami mencoba memberikan gambaran hal apa saja yang perlu Anda lakukan, bagian apa saja yang harus Anda ganti. Tentunya kami berharap bahwa mesin motor tersebut masih menempel dan menyala, jika tidak, Anda memiliki masalah yang lebih besar lagi. Untuk saat ini kami berikan panduan apa saja yang harus Anda perhatikan.  

Pertama kali perhatikan secara fisik motor tersebut. Apakah ada bagian-bagian yang hilang dan tidak lengkap. Jika Anda mendapatkan motor ini dari  teman atau saudara, sebaiknya langsung bertanya pada mereka tentang bagian-bagian yang hilang. Namun jika anda membeli sebuah motor bekas yg teronggok lama di gudang, sebaiknya mengajak seseorang yang mengerti mengenai seluk beluk motor sehingga Anda tahu bagian apa yang tidak ada di tempatnya.

Setelah itu Anda perlu mengganti ban motor tersebut. Sudah pasti, karet ban motor yang tidak digunakan lebih dari satu tahun, tidak memiliki fungsi optimal dan bisa membahayakan. Lagi pula, ban baru akan membuat penampilan motor trail Andat terlihat lebih gagah.  Jangan lupa untuk memerika apa cover tempat duduk masih memiliki fungsi dengan baik. Jika kondisi sudah sobek, licin, atau busa dalamnya sudah keras dan tidak nyaman lagi, maka jangan ragu untuk segera menggantinya juga. Karena menunggangi trail membutuhkan kenyaman bukan?

Motor tua biasanya memiliki karat pada beberapa bagian. Karat bisa diibaratkan sebagai kanker yg menggerogoti tubuh. Beruntung jika karat itu hanya pada permukaan, sehingga Anda masih bisa membersihkannya dengan beragam cairan pembersih seperti WD-40 atau 1.7 Cleaning solution. Tapi jika ternyata karat tersebut sudah membuat bagian motor tersebut rapuh, ada baiknya segera membawanya ke bengkel terdekat untuk mengganti bagian motor itu.

Kemampuan kinerja rantai dan gir sudah pasti akan berkurang. Sebaiknya anda segera mengganti part ini dengan yang baru. Jika gir masih dalam kondisi bagus, dan gigi-giginya masih terlihat sempurna, Anda hanya perlu mengganti rantainya saja. karena rantai amat sangat rentan akan korosi. Tapi jika memiliki dana lebih, kami sarankan untuk langsung mengganti satu set gir dengan rantai untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Tentu saja Anda harus mengganti semua cairan yang ada di dalam motor tersebut. Mulai dari bahan bakar, oli, minyak rem dan lainnya. Pastikan juga untuk memeriksa apakah ada kebocoran pada tempat-tempat cairan tersebut. Kuras seluruh cairan rem dan radiator sebelum mengisinya dengan yang baru. Jika di dalam tangki terdapat bahan bakar yang telah lama mengendap, Anda juga harus mengurasnya terlebih dahulu untuk membuang beragam endapan yang terjadi didalamnya.

Segera setelah itu gunakan bahan bakar beroktan tinggi agar mesin mendapatkan pembakaran yang sempurna. Jika mesin motor tidak memerlukan perbaikan, panaskan mesin sebelum berpetualang. Jangan langsung menggeber motor trail Anda. Ajak berkeliling dengan kecepetan minimal, kemudian naikan menjadi kecepatan normal hingga akhirnya bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan. 

comments

`