Modifikasi Kuda Besi Supermoto

Supermoto merupakan jenis motor yang belakangan mulai banyak digemari. Penampilannya yang gahar, piawai melibas kepadatan jalan raya serta mumpuni untuk melibas medan off-road, menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemar motor.
Supermoto merupakan varian dari kuda besi jenis trail, namun berbeda di sektor kaki-kakinya, terutama pada velg dan ban. Velg supermoto umumnya berdiameter 17” dengan ukuran relative lebih lebar. Ban yang digunakan pun adalah ban dengan karakter track aspal. Kenyataannya, untuk memiliki sebuah motor supermoto, saat ini relatif tidak mudah, karena masih jarang pabrikan yang merilis motor jenis supermoto.
Nah, salah satu cara untuk memiliki motor supermoto adalah dengan membangunnya (memodifikasi) dari motor lokal yang banyak beredar di Indonesia, di modifikasi sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah motor supermoto. RW
Berikut, langkah-langkah untuk membangun sebuah supermoto adalah sebagai berikut :
- Tentukan model yang akan dibangun/dimodifikasi. Cara paling mudah adalah dengan meniru model special engine (SE), karena cover body SE banyak tersedia di took-toko trail shop.
- Tentuka ukuran atau besar supermoto yang akan dibikin. Hal ini berkaitan dengan postur sang pengendara.
- Catat baik-baik ukuran-ukuran vital SE yang akan ditiru, seperti panjang wheel base (jarak sumbu roda depan dan belakang), tinggi ground clereance (jarak dari tanah ke bagian terbawah dari mesin), Seat hight (jarak dari tanah ke punggung jok). Ukuran-ukuran inilah yang akan kita aplikasikan ke motor yang akan dibangun.
- Tentukan jenis motor apa yang akan kita gunakan sebagai basic.
- Menentukan bentuk dan ukuran frame/chasis/rangka trail/SE ke frame motor lokal, karena perbedaan signifikan antara frame motor lokal dengan trail/SE. Cara yang bisa ditempuh adalah mengcustom ulang frame bawaan motor, mengkombinasi frame SE dengan frame bawaan motor.
- Tentukan kaki-kaki yang akan dipakai. Usahakan pemilihan kaki-kaki ini jika dipasang tidak akan merubah ukuran vital tadi. Yang pertama tentukan tentukan dulu sokbeker depan yang akan dipakai. Sebagai gambaran, ukuran panjang sok depan untuk SE 250 adalah 90-92 cm USD supermoto 85 cm.
- Setting roda-roda yang digunakan, terutama ketepatan dalam memilih lebar velg dan roda yang akan dipakai pada roda bagian belakang. Yang perlu diperhatikan adalah lebar arm, tromol yang dipakai, yang kira-kira pemasangannya tidak bergesekan dengan bibir ban ataupun frame nya.
- Selanjutnya baru pembuatan subframe (rangka belakang) yang ukuran-ukuran serta desainnya harus sesuai dengan cover bodi yang akan digunakan.
- Pemasangan coverbody set, tangki dan sadel adalah langkah selanjutnya
10.Yang terakhir adalah finishing
Selamat mencoba!
Sumber : Satria Cuztomized
Image credit: www.pro-photo.fr
comments
`