Perlukah Modif Knalpot Motor Trail?
![](/assets/backend/content/news/IMG-1517802548.jpg)
Para penghobi motor trail memang tidak pernah puas untuk melakukan beragam macam cara agar tunggangan kesayangan mereka bisa mengeluarkan perfoma yang terbaik. Apalagi jika mereka sering membawa motor trail untuk berkompetisi di beragam ajang seperti trial game atau lomba motocross lainnya.
Salah satu modifikasi yang sering terlihat adalah dengan menggunakan knalpot standar dengan knalpot racing. Sebagian besar dari mereka yakin bahwa modifikasi ini mampu mengangkat performa motor trail. Tapi tahukah Anda ternyata jika hal ini adalah mitos belaka?
Jika Anda memiliki motor trail yang masing menggunakan mesin standar, maka penggunaan knalpot racing tidak akan memberikan pengaruh pada performa tunggangan Anda. Mesin pada motor trail sudah didesain sedemikian rupa. Bagian gas pembuangan yang tersalurkan lewat lobang knalpot pada mesin motor trail tidak hanya sekedar dibuang begitu saja. Lubang yang didesain pada knalpot diatur sedemikian rupa lubang tersebut bisa digunakan untuk mengatur daya mesin yang dihasilkan saat mesin bekerja.
Gas yang dibuang lewat saluran knalpot motor trali terutama yang menggunakan mesin 4 tak, tidak serta merta dilepas langsung ke udara bebas, akan tetapi ada sebagian lagi yang masih tertahan dalam bagian ruang knalpot. Hal itu ditujukan untuk menjaga agar tenaga yang dihasilkan tidak terbuang bersamaan dengan keluarnya gas pembuangan.
Jika Anda memasang knalpot racing pada motor trail yang menggunakan mesin standa maka hal ini justru akan membebani mesin motor. Hal ini karena piston dan klep akan cepat aus karena gas semuanya terbuang keluar semuanya secara langsung tanpa ada gas sisa yang menjadi penghambat tenaga yang dihasilkan mesin muntah keluar. Sedangkan gas sisa pembakaran yang tertampung dalam ruang knalpot tersebut sangat berarti untuk menghambat keluarnya tenaga dengan percuma
Memang efeknya tidak langsung dirasakan namun, secara pelan tapi pasti mesin motor trail Anda akan lebih banyak mengkonsumsi bahan bakar dan mesin menjadi cepat panas. Memasang knalpot racing harus diimbangi dengan modifikasi mesin seperti porting polish, mengubah celah klep, dan perbesar spuyer. Nah jadi daripada sia-sia mengganti knalpot motor trail standar Anda dengan yang racing, lebih baik dananya digunakan untuk hal lain yang lebih penting bukan?
comments
`