caption trialgame

Solusi Jika Roda Belakang Motor Trail Goyang

Friday, 3 November 2017

Ketika sedang asik berpetualang di alam bebas atau menunggangi motor trail dual sport di jalan raya, tiba-tiba Anda merasakan bagian belakang ban motor terasa bergoyang. Hal ini tentu mempengaruhi kestabilang ketika mengendarai motor trail, terutama ketika sedang menikung.

Hal pertama yang biasanya dilakukan adalah megecek apakah ban motor trail Anda mengalami kekurangan tekanan udara atau kempes, baru kemudian mengamati lintasan yang Anda lewati. Apakah memang memiliki alur dan kuntur yang membuat ban motor trail Anda seolah bergoyang.

Jika dua hal tadi ternyata bukanlah penyebabnya, goyangkan ban motor trail kiri dan ke kanan, jika memang bergoyang maka sudah saatnya bearing atau laher roda diganti karena sudah aus. Tetapi meski sudah mengganti dengan laher baru ternyata ban masih terasa bergoyang dan bergetar, maka periksa dudukan laher di tromol.

Periksa kerenggangan antara dudukan laher di tromol, jika terlalu renggang meski dengan laher baru, makacobalah periksa apakah laher yang digunakan orisinal. Kalaupun ternyata memang komponen OEM, maka tromol atau pelek cast tersebut harus sudah diganti.

Cara mudah dan murah untuk mengatasi hal diatas adalah dengan menggunakan kawat serabut sebagai ganjal atau menutup kerenggangan tadi. Kawat serabut yang dapat digunakan bisa bekas kabel gas atau kabel rem yang lebih kaku dan keras.

Potong kawat tersebut 3-5 cm, secukupnya. Selipkan tiap potong ke celah antara laher dan dudukan laher di teromol, tetapi jangan terlalu banyak karena akan menyulitkan jika harus mengganti laher kembali kelak. Selanjutnya pasang laher dan jangan lupa memotong sisa kawat yang menonjol.

Untuk mengganjal laher di teromol tidak disarankan menggunakan lempengan seng. Karena seng atau plat aluminium, karena umumnya seng lebih tebal. Sehingga putaran pelek menjadi tidak mulus seperti pelek peyang.

Tips tadi tentu amat berguna bagi Anda yang mengalami masalah ini ketika berpetualanga di alam bebas. Dan jika sudah kembali, jangan lupa untuk segera membawa motor trail Anda ke bengkel terdekat untuk mendapatkan penangangan lebih lanjut ya.

comments

`