Bagi para penggila motor trail yang gemar mengutak-atik mesin, menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengulik mesin motor trail menjadi keasyikan tersendiri. Dengan harapan untuk dapat mendongkrak performa tungganan kesayangan, banyak yang mendedikasikan waktu yang tidak sebentar untuk bisa mencapainya.
Namun ada beberapa modifikasi unik yang terkadang harus dilakukan agar motor trail dapat tampil sesuai dengan harapan. Salah satunya adalah mengganti mesin motor trail, dengan mesin motor lain agar mendapatkan performa yang sesuai.
Nah salah satu jenis mesin motor yang paling banyak digunakan pada modifikasi motor trail adalah Honda Megapro. Aslinya motor jenis ini adalah motor sport yang biasa digunakan untuk keperluan sehari-hari. Dengan desain yang bisa dibilang tidak sporty, serta mesin yang sederhana, motor ini memiliki keunggulan dengan konsumsi bahan bakar yang irit.
Mesin Megagpro pada dunia motor trail offroad, terhitung cukup populer. Mesin motor ini biasanya digunakan pada beragam motor trail custom hingga motor trail pabrikan besar. Sebagai contoh pemilik Kawasaki KLX150 adalah yang paling sering mengganti mesin mereka dengan mesin Megapro. Banyak yang menggangap mesin asli bawaan kawasaki masih kurang kompetitif dibandingkan Megapro.
Mmesin MegaPro yang banyak diminati untuk swap engine di motor trail umumnya yang masih menggunakan sistem pembakaran karburator, tapi sudah didukung dengan sistem electric starter. Maklum lah ya, saat off road itu sering kali jatuh bangun. Memang paling simple menggunakan sistem electric starter. Soalnya saat sering jatuh bangun badan jadi sangat lelah. Saat terjatuh dan mesin motor mati, Andatidak perlu keluar lebih banyak tenaga buat mancal kick starter. Cukup tekan tombol starter, maka mesin nyala lagi dan motor kembali siap digeber.
Selain itu mesin motor Megapro amat mudah untuk melakukan bore up. Mesin MegaPro yang kapasitasnya mencapai 160 cc ini sebenarnya tenaganya kurang. Namun mesin ini banyak disukai karena gampang dilakukan bore-up. Penyebabnya adalah lantaran spare parts yang dibutuhkan untuk melakukan bore-up sangat gampang untuk ditemukan.
Ketika ingin menaikkan kapasitas mesin, crankcase MegaPro sanggup dijejali oleh piston berdiameter hingga 76 mm dan kondisi mesin tetap aman dari kemungkinan jebol. Selain gampang untuk bore-up, mesin MegaPro juga gampang dilakukan stroke-up. Untuk urusan stroke-up, bisa menggunakan stang piston berukuran 8,5 mm sampai dengan 12 mm.
Mesin MegaPro memiliki spare parts yang melimpah dan harganya murah, serta banyak sekali mekanik yang sudah paham dengan mesin MegaPro membuat biaya perawatan mesin ini tergolong sangat terjangkau.