caption trialgame

Tips Gunakan Cat Semprot Pada Motor Trail

Wednesday, 26 September 2018

Memiliki motor trail yang gemar diajak berpetualang berarti sudah mempersiapkan diri untuk memiliki tunggangan yang tidak mulus. Maklum saja, jalur offroad biasanya akan meninggalkan “luka” pada bagian-bagian tertentu dari motor trail Anda.

Nah salah satu cara untuk mengatasi luka tadi dan membuat motor trail Anda kembali tampil laksana baru adalah dengan menggunakan cat semprot. Biasanya cat semprot digunakan untuk menutupi bagian-bagian yang lecet akibat terkena gesekan.

Tetapi ternyata ada beberapa kesalahan umum pengguna cat semprot, sehingga pengecatan kurang memuaskan.Umumnya kesalahan terjadi karena pengguna tidak membaca petunjuk yang tertera pada kaleng aerosol kemasan cat semprot, baik sebelum maupun sesudah penggunaan.Untuk menghindari terjadinya hasil pengecetan yang kurang sempurna, kami akan memberikan beberapa tips agar penggunaaan cat semprot optimal pada motor trail Anda. Simak bersama ya.

Yang pertama adalah pastikan Anda mengocok kaleng cat dengan seksama, setidaknya 1 menit agar cat tercampur dengan sempurna. Cat semprot yang kurang lama diaduk akan menghasilkan granule cat atau hasil yang bergradasi.

Kemudian jangan mengecat saat udara lembab atau dingin ya. Mengecat dalam cuaca demikian akan membuat pengeringan tidak merata. Bagian permukaan cat akan lebih cepat mengering sementara bagian bawah belum, sehingga bisa menyebabkan hasil cat mengkerut atau seperti kulit jeruk.

Oh iya, sebaiknya permukaan objek pengecatan sebaiknya dibersihkan dahulu, terutama setelah diamplas untuk menyiapkan permukaan yang lebih baik untuk daya rekat cat. Permukaan objek cat sebaiknya bebas dari kotoran, debu amplas dan minyak, agar hasil pengecatan memiliki daya rekat baik dan hasil yang merata.

Saat proses pengecatan, berkonsentrasi pada satu titik saja akan menyebabkan pengeringan tidak merata. Sebaiknya lakukan pengecatan tipis-tipis pada awalnya, dan lakukan hingga 3 kali pelapisan agar hasilmya lebih baik.Lakukan latihan penyemprotan merata pada objek lain agar lancar dan mahir, sebelum menyemprot pada komponen motor dimaksud.

Meski cat semprot dirancang agar cepat mengering dalam waktu 15 menit-an, namun ada baiknya hasil pengecatan dibiarkan mengering lebih lama agar pengeringan merata, dan permukaan cat mengeras lebih sempurna.

Setelah selesai melakukan pengecatan, jangan lupa untuk membersihkan saluran cat semprot.Caranya balikkan kaleng dan semprotkan hingga tinggal angin yang keluar. Tujuannya agar saluran cat semprot bersih dan tidak ada cat yang tetinggal di saluran, sebab jika mengering terutama akan disimpan lama bisa menyumbat salurannya nanti jika digunakan lagi. Jadi jika diperlukan di masa mendatang, maka Anda tidak perlu membelinya lagi.

comments

`