Tips Menyetel Karburator Motor Trail
Karburator salah satu komponen penting dalam kendaraan bermotor, karburator juga berpengaruh pada kondisi mesin yang baik. Jika karburator mengalami sedikit masalah maka mesin tidak akan bekerja dengan optimal. Karena karburator berperan sebagai penyalur bensin dan udara dengan takaran yang sesuai untuk di salurkan ke ruang pembakaran, yang menghasilkan tenaga gerak pada sebuah mesin motor trail.
Karena itu karburator adalah penentu utama kinerja sebuah mesin. Tentu saja perawatan pada karburator amat penting untuk menunjang kinerja motor trail Anda, serta membuat mesin menjadi lebih awet dan tahan lama.Beberapa hal yang bisa terjadi ketika karburator mengalami masalah adalah mesin mogok, atau tenaga kurang optimal serta mesin tersendat. Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menyetel karburator.
Menyetel Karburator berati mengatur kecepatan putaran mesin pada saat langsam (stationer / idle) dan mengatur pencampuran bahan bakar dengan udara. Bila kecepatan langsam disetel terlalu tinggi maka pemakaian bahan bakar akan boros, sedangkan bila disetel terlalu rendah maka mesin cenderung sering mati. Melakuan penyetelan karburator harus dalam keadaan mesin motor trail hidup dan telah panas. Bagaimana langkah-langkahnya? Simak urutannya berikut ini ya :
1. Putarlah mur penahan skep (throttle) sehingga putaran mesin meninggi.
2. Putarlah mur pengatur udara (air screw / pilot screw) kearah kanan hingga putaran mesin menurun.
3. Putarlah kembali ke kiri agar putaran mesin naik kembali. Berhentilah memutar saat putaran mesin agak naik
4. Dengan posisi mur seperti ini putaran mesin agak tinggi, maka untuk menurunkannya putarlah mur penahan skep ke arah kiri hingga putaran mesin pada kecepatan yang sesuai sengan spesifikasi.
5. Jika diperlukan lakukan penyetelan pada skrup udara. Putar sekerup udara searah jarum jam sampai duduk dengan ringan kemudian putar balik sesai spesifikasi yang diberikan. Pembukaan skrup udara kisaran 1.5 putar keluar
comments
`