caption trialgame

Waspada Bau Bensin di Motor Trail

Monday, 21 August 2017

Bau bensin yang menyengat pasti akan menggangu konsentrasi Anda saat mengendarai motor trail. Anda akan bertanya-tanya dari mana asal mula bau ini. Sering terjadi ketika Anda mengisi bensin motor trail, ada sedikit bahan bakar yang menetes atau luberan disekitar tangki bensin. Hal ini bisa diatasi dengan mengelap sisa bensin disekitar lubang tangki.

Namun ketika memeriksa sekitar lubang tangki dan tidak menemukan sisa tumpahan bensin , ada kemungkinan masalanya munkgin pada seal karet penutup tangki motor trail Anda. Seal karet berbentuk cincin pada tutup tangki fungsi memang sebagai perapat agar bensin tidak merembes keluar dari tutup tangki, akibat guncangan saat berkendara di jalan tak rata. Tetapi umumnya bahan karet ada masa pakainya terutama jika sering terpapar bahan bakar. Masa pakainya sangat tergantung dari komposisi bahan karet, dan volume bensin yang diisikan. Seal karet tutup tangki memang ada yang tahan terhadap bensin seperti yang berbahan PolyUrethane (PU).

Jika mengalami masalah seperti di atas, sebaiknya karet seal tutup tangki diganti. Seal karet bisa didapatkan dengan mudah dan harganya pun relatif tidak terlalu mahal. Namun pastikan Anda membeli seal yang ketebalan, dan ukuran ringnya sesuai dengan motor trail yang Anda miliki.

Jika komponen seal tutup tangki motor trail Anda tidak bermasalah namun masih tercium bau bensin. Ada kemungkinan terjadinya kebocoran pada karburator motor trail Anda. Hal ini lumrah terjadi pada motor trail yang sudah memiliki jam terbang tinggi.

Kadang tetesan bensin yang keluar dari karburator tak tedeteksi oleh pengendara karena posisi karburator yang tertutup oleh bodi. Jika hal ini terjadi, sebaiknya segera matikan mesin motor trail Anda, karena rawan terjadi kebakaran.

Penyebab terjadinya kebocoran di karburator biasanya bermula dari pompa bensin, selang bensin, jarum pelampung atau dalam tangki kotor akibat motor trail jarang dipakai dalam jangka waktu cukup lama.

Pengecekan pertama pada pompa bensin.Kerja komponen tersebut memberikan tekanan bahan bakar ke karburator. Jika bensin terus keluar berarti katup di dalam karburator sudah tidak mampu menutup dengan baik.

Lanjutkan pengecekan pada komponen selang bensin.Jangan sampai ada yang bolong atau sambungan yang longgar. Biasa yang mudah rusak itu pada bagian ujung selang akibat seringnya bongkar pasang karburator. Cek juga bagian jarum pelampung.Karena peranti ini yang mengatur asupan bahan bakar dari tangki ke ruang bakar. Jika sudah tumpul atau rusak, kemungkinan bensin akan mengucur terus karena tidak bisa bisa menutup dengan sempurna.

Yang terakhir adalah bak bensin di dalam karburator. Kotoran yang mengendap di dasar bak bensin karburator juga bisa membuat celah kecil di lubang baut saluran pembuangan. Selain itu, jika motor tak dipakai dalam waktu lama dalam keadaan bensin kosong, hal itu bisa menimbulkan korosi di dinding penampung bahan bakar. Kotoran karat yang ada di tangki bensin bisa terbawa ke karburator. Akibatnya aliran bensin tak lancer. Makanya kinerja jarum pelampung tak sempurna sehingga bensin terus mengalir ke karburator dan bak karburator menjadi penuh dan luber.

comments

`