caption trialgame

Aduh Kick Starter Motor Trail Keras Banget

Monday, 23 September 2024

Aduh Kick Starter Motor Trail Keras Banget


Motor trail rilisan terbaru biasanya sudah dilengkapi dengan dua komponen starter untuk menyalakan motor yaitu kick starter dan electric starter. Hal ini berbeda dengan motor trail keluaran lama yang banya memiliki kick starter. Nah tapi terkadang Anda akan menghadapi sebuah situasi dimana kondisi aki motor trail sedang lemah, dan electric starter tidak berfungsi. Maka untuk menyalakannya Anda harus menggunakan kick starter, buat Anda yang tidak terbiasa mengengkol motor trail, tentu hal ini amat sangat menjengkelkan, apalagi ternyata jika kick starternya keras saat digunakan. 

Engkol atau kick starter yang keras bisa menjadi tanda adanya masalah pada motor trail, dan pemahaman mengenai penyebab kick starter keras dan tahu solusinya dapat membantu mengatasi kendala ini.  Nah apa saja sih penyebab kerasnya piranti ini? Simak ulasannya ya. 

Kick starter motor yang keras bisa menjadi masalah yang membingungkan bagi para pengendara, karena bisa menghambat proses memulai sepeda motor dengan lancar. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan engkol motor menjadi keras, namun yang paling utama adalah karat.

kick starter motor yang jarang digunakan atau tidak pernah dilumasi dengan oli rentan berkarat, terutama pada bagian gir primer dan penghubung gir. Karat ini dapat menghambat gerakan engkol dan membuatnya terasa lebih berat saat digunakan.

Oh ya debu-debu dan kotoroan yang masuk melalui bagiandapat menempel pada komponen-komponen kick starter, seperti stopper dan pinion. Tumpukan debu ini bisa menjadi penyebab kick starter motor keras. Selain itu kotoran yang menempel pada pinion kick starter dapat mengganggu pergerakan engkol motor. Nah karat yang terbentuk akibat kotoran juga dapat menyebabkan engkol menjadi lebih sulit untuk diputar. Buat yang sering terbasan, harus jadi perhatian lebih nih, karena rentan terkena kotoran pada bagian kick starternya. 

Masalah Piston dan Crankshaft juga bisa membuat kick starter motor trail Anda sulit digunakan lho. Kedua komponen ini merupakan bagian penting dalam sistem pembakaran mesin, dan masalah di salah satunya dapat mengganggu pergerakan engkol. Selain itu, kebocoran kompresi mesin juga dapat menyebabkan engkol motor menjadi keras. Kebocoran ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti ring piston yang lemah, klep yang bengkok, atau jarak klep yang terlalu renggang. Nah jadi kalo rasanya kick starter motor trail Anda terasa keras, segera bawa ke bengkel kepercayaan aja ya.

 

comments

`