caption trialgame

Akurat nih, Tanda Motor Trail Harus Turun Mesin

Monday, 1 July 2024

Akurat nih, Tanda Motor Trail Harus Turun Mesin


Sudah menjadi rahasian umum, ketika Anda memiliki motor trail yang sudah cukup termakan usia, harus menyediakan dana ekstra karena bakal sering mengunjungi bengkel kepercayaan Anda. Kendati motor trail Anda dirawat dengan sedemikian rupa telitinya, namun faktor usia sudah pasti tidak dapat dilawan. Salah satu hal yang rutin terjadi, apalagi jika motor trail Anda memiliki jam terbang tinggi, adalah turun mesin. Tidak perlu panik, hal ini lumrah kok, tapi Anda perlu mengenali nih tanda-tanda motor trail Anda harus turun mesin.

Indikasi pertama adalah suara mesin yang terdengar lebih kasar dibandingkan motor lainnya. Hal ini disebabkan adanya beberapa komponen di dalam mesin yang sudah tidak berfungsi dengan sebagaimana mestinya. Jika Anda mengalami hal ini, segera periksakan motor trail Anda ke montir kesayangan ya. Jangan sampai ditunda lagi.

Ketika motor tidak memiliki tenaga atau dayanya mulai menurun, ini menjadi tanda pertama motor akan segera turun mesin. Saat mesin kekurangan oli, pelumasan komponen di dalam mesin tidak akan maksimal. Hal inilah yang membuat beberapa komponen seperti seher atau ring seher kinerjanya melemah. Jangan paksakan untuk terus menggunakan motor dalam kondisi ini, bisa-bisa kerusakannya bakal merembet ke komponen lain lho.

Motor yang hampir turun mesin biasanya akan sulit dinyalakan atau dihidupkan. Ini disebabkan oleh oli yang merembes ke ruang pembakaran dan membasahi busi, sehingga menimbulkan kerak pada busi. Rembesan oli akan menyebabkan mesin motor susah menyala karena proses pengapian yang tidak maksimal.

Dan yang terakhir adalah keluarnya asap putih pada sepeda motor juga menjadi pertanda adanya kebocoran di mesin. Asap putih ini biasa terjadi karena oli mesin merembes ke ruang bakar sehingga oli ikut terbakar. Jika hal tersebut sudah terjadi pada mesin motor, mau tidak mau Anda harus membawanya ke bengkel untuk melakukan servis berat.

Tidak perlu takut ya jika hal ini terjadi, biasanya dengan perawatan yang tepat serta tindakan yang tepat, makan motor trail Anda bisa kembali prima kok. Jadi jika dirasa ada gejala-gejala seperti yang kami jelaskan di atas, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahlinya ya.

comments

`