caption trialgame

Aman Ikuti Arus Balik

Wednesday, 17 April 2024

Aman Ikuti Arus Balik


Masih betah di kampung halaman? Atau sudah siap untuk kembali ke kota asal nih? Nah Bepergian memakai kendaraan roda dua menawarkan efisiensi biaya perjalanan serta lebih fleksibel apabila di jalan ingin mampir sejenak. Tidak heran, banyak warga kota besar yang memilih sepeda motor sebagai moda transportasi utama, bahkan untuk menuju kampung halaman. Buat pemilik motor trail, momen mudik sering dimanfaatkan untuk touring dengan dalih mudik. Nah buat Anda yang memutuskan untuk segera ikut arus balik, ada beberapa hal nih yang perlu diperhatikan, agar bisa selamat sampai ditujuan.

Berkendara jarak jauh dengan waktu perjalanan berjam-jam jelas butuh stamina yang prima. Jangan sampai, karena ingin segera tiba sampai di tujuan malah memforsir tenaga dan membuat stamina jadi cepat habis. Anda bahkan  perlu sesekali beristirahat ketika mulai kurang fokus atau merasa lelah.Untuk itu, sebaiknya tunda dahulu perjalanan apabila badan terasa kurang fit. Segera minum obat dan istirahat total.

Berkendara dengan kondisi tubuh kurang fit akan memperbesar peluang terjadinya kecelakaan.Sebelum berangkat, tidak ada salahnya meminum suplemen multivitamin. Tujuannya, supaya stamina tidak lekas menurun. Stamina yang drop berdampak pada konsentrasi dan kemampuan kita dalam berkendara berkurang drastis.

Perjalanan mudik itu bukan lomba ya guys, jadi sebaiknya berkendara dengan santai tanpa perlu kebut-kebutan. Hal ini ini yang kadang dilupakan para pengendara motor saat melakukan perjalanan antar kota. Mereka berkendara secara agresif agar cepat tiba di tujuan. Bahkan, melanggar aturan lalu lintas.

Ini yang harus Anda hindari saat berkendara jarak jauh. Cepat boleh, ugal-ugalan jangan. Berjalanlah dengan kecepatan yang terbaik, usahakan tidak lebih dari 80 km/jam. Tujuannya agar konsentrasi berkendara tetap terjaga, baik itu saat mengendalikan tunggangan dan melihat situasi jalanan. Jangan mudah terpancing emosi, dengan perilaku negatif pengendara lain. Anda harus tetep sabar, jangan terbawa nafsu membawa motor untuk menggeber sampai kecepatan tinggi.

Nah satu hal yang penting adalah istirahat. Jika Anda merasa lelah, segera beristirahat. Jika memungkinan tidur. Di masa mudik ini, biasanya banyak posko-posko yang menyediakan tempat nyaman untuk tidur sejenak. Tidur itu kebutuhan biologis setiap orang, terutama saat tubuh sudah sangat lelah. Perlu Anda ketahui, lamanya berkendara motor jarak jauh itu maksimal sekitar 3-4 jam.

Anda juga bisa tidur sejenak untuk mengembalikan stamina dan fokus. Berhentilah di sekitar tempat yang aman untuk tidur, seperti misalnya di SPBU atau masjid. Jangan lupa kunci ganda motor Anda, kemudian Anda bisa tidur sejenak. Nah buat yang segera ikut arus balik, hati-hati di jalan ya.

comments

`