caption trialgame

Bebek Trail Terbaru Pabrikan Jepang

Thursday, 23 February 2023

Bebek Trail Terbaru Pabrikan Jepang


Suzuki terhitung lambat dalam meramaikan pasar motor trail di Indonesia. Hingga saat ini mereka belum merilis secara massal motor trail pabrikan mereka. Suzuki hanya menyediakan motor trail pesanan beragam instansi pemerintah seperti Kepolisian, Tentara dan lainnya.

Nah belum lama ini Suzuki Thailand dan Filipina membuat sebuah gebrakan hebat yang cukup mengagetkan. Mereka merilis Raider J Crossover yang notabene merupakan motor bebek tapi memiliki desain dan kemampuan layaknya motor trail.

Yup, dengan desainnya yang unik, motor ini bisa menaklukkan medan yang dinamis dengan mudah. Jangan heran kalo Anda bisa pake motor ini buat jalan-jalan santai atau ngebut di medan off-road yang berbahaya. Suzuki Raider J Crossover punya kombinasi desain motor bebek dan motor trail yang membuatnya terlihat berbeda dari yang lain.

Dengan kaki-kaki jangkung dan body work di belakang yang mirip motor bebek, motor ini terlihat gagah tapi tetep stylish. Meskipun memiliki kaki kaki jangkung, tapi body work di bagian belakang justru unik yang mirip motor bebek. Menegaskan bahwa, arah desain motor Suzuki ini multi fungsi, bukan hanya sekedar dipakai untuk gagahan saja tapi juga nyamsn untuk dipakai bekerja di medan yang dinamis.

Gak cuma itu, motor ini juga punya suspensi atau shock ganda berukuran normal dan ground clearance yang cukup tinggi, sehingga masuk ke segmen motor trail. Ditambah lagi dengan shockbreaker depan yang dipasang dengan shock teleskopik panjang layaknya motor trail pada umumnya. Kita lanjut pada roda bagian belakang adiknya Suzuki Satria F150, yang dibekali Suzuki dengan ukuran roda normal layaknya motor bebek. Pada bagian suspensi atau shock ganda yang di pasang pada Raider J Crossover mempunyai ukuran normal, yang pastinya tidak seperti motor trail pada umumnya.

Namun desain ini justru membuat motor Suzuki ini menjadi lebih unik dan sering di sebut motor ayam jago yang multi fungsi.Bukan hanya itu saja, adiknya Suzuki Satria FU dibekali stang tegak dan lebih tinggi untuk mengimbangi kaki-kaki yang jangkung.Penggunaan stoplamp atau lampu rem belakang yang disatukan dengan spakbor menegaskan motor dari Suzuki ini sangat unik. Pada sektor pengereman, dibekali piringan cakram gunakan model gelombang yang melengkapi fitur keamanan motor trail Suzuki ini

Untuk urusan mesin, Suzuki Raider J Crossover dilengkapi dengan mesin 113 cc, 4-tak berpendingin udara dengan sistem bahan bakar Electronic Fuel Injection (EFI). Kecepatan maksimalnya bisa sampe 102 km/jam. Lantas bagaiman dengan konsumsi bahan bakarnya ? Pada pengujian internal, Suzuki Raider J Crossover bisa menempuh jarak 66 km dengan hanya 1 liter bensin.

Harga yang ditawarkan di dua negara yang merilisnya pun terhitung murah hanya setara 17 juta rupiah saja. Sayangnya memang, hingg saat ini Suzuki Indonesia masih belum berencana untuk memasarkan produk ini secara massal di tanah air. Entah ingin bermain aman atau memang takut bersaing, Suzuki seolah tertinggal jauh dalam kompetisi pasar motor trail Indonesia.

 

 

comments

`