caption trialgame

Biar Gak Bingung, Ini Cara Cas Aki Motor Trail

Tuesday, 1 October 2024

Biar Gak Bingung, Ini Cara Cas Aki Motor Trail


Pada artikel sebelumnya kami sudah membahas bisa gak sih aki kering di cas atau diisi ulang dayanya dan jawabannya tentu saja bisa. Kami juga sudah membahas mengencai cara memilih charger terbaik untuk mengisi daya pada aki.  Produk charger yang digunakan boleh saja berbeda, namun langkah demi langkah cara cas aki kering pada umumnya adalah sama. Biar jelas kami bakal uraikan dibawah ini ya.

Yang pertama adalah pastikan sumber listrik stabil. Diasumsikan Anda akan melakukan pengecasan dengan listrik rumah. Masalah yang sering terjadi pada listrik rumah adalah pemadaman bergilir.

Hal ini memang di luar kendali. Tapi Anda bisa memantau jadwal pemadaman tersebut melalui akun media sosial PLN setempat. Kenapa listrik harus stabil? Beberapa produk charger aki akan mengulang proses pengisian dari awal jika di tengah jalan mengalami mati listrik. Jadi buang-buang waktu.

Kemudian siapkan charger dan aki yang akan dicas.  Pada tahap ini Anda juga disarankan untuk memilih lokasi pengisi yang tepat. Cari tempat yang kering dan jauhkan dari jangkauan anak-anak. Pengecasan aki 4,2 ampere dengan charger 2 ampere bisa memakan waktu antara 6 sampai 7 jam sampai penuh. Besar kemungkinan selama masa pengisian Anda akan melakukan aktivitas lain. Maka sangat disarankan untuk memilih environment yang aman untuk meninggalkannya.

Beberapa produsen charger aki mengklaim produknya water resistant yang berarti tahan cipratan air. Hal ini mungkin ada benarnya tapi buat jaga-jaga sebaiknya Anda juga memastikan tempat yang digunakan kering.

Untuk melakukan pengecasan, Anda perlu menghubungkan kabel charger ke aki yang akan dicas. Jangan terbalik, hubungkan sesuai dengan terminalnya. Kabel merah artinya untuk terminal plus dan kabel berwarna hitam untuk terminal minus. Di lain sisi, setiap produk aki biasanya memiliki keterangan berupa logo plus minus di setiap terminalnya. Perlu ditekankan sekali lagi jangan sampai terbalik saat menghubungkan kabel karena bisa mengakibatkan short circuit alias korsleting.

Seperti sudah disebutkan, tak perlu melakukan pengecasan dengan daya yang terlalu besar. Untuk aki sepeda motor 4,2 ampere cukup diisi dengan daya 2 ampere. Lebih baik bersabar daripada aki menjadi cepat rusak.

Pada umumnya mereka yang melakukan pengecasan dengan charger buatan sendiri akan mengecek level pengisian dari suhu aki. Misalnya, memegang bagian samping aki. Jika sudah terasa hangat maka diperkirakan aki sudah selesai dicas.

Tapi kalau Anda menggunakan charger aki khusus biasanya terdapat lampu indikator yang menandakan proses pengecasan sudah selesai. Setelah itu, Anda bisa mengecek kondisi aki untuk memastikan tegangannya di atas 12,5 volt. Jika hasil tersebut didapat maka pengisian berhasil dan aki pun siap untuk digunakan lagi. Namun jika gagal, berarti ada kemungkinan sel-sel di dalam aki sudah lemah. Tapi untuk hal ini diperlukan penanganan yang berbeda. Nah gimana, gak sulit kan? Hanya perlu perhatikan saja langkah-langkahnya agar proses pengisian daya kembali bisa berlangsung lancar dan aman.

comments

`