caption trialgame

Biar Gak Kagok Buat Yang Baru Trabasan

Tuesday, 17 September 2024

Biar Gak Kagok Buat Yang Baru Trabasan


Untuk Anda yang baru mengendarai motor trail, ada beberapa hal nih yang harus Anda perhatikan. Mengendarai motor trail di trek off-road tentu berbeda dari trek on-road atau aspal. Dari riding gear hingga posisi berkendara juga dibedakan. Jika Anda membawa motor trail Anda berpetualang di medan offroad, menjaga keseimbangan itu penting sekali, karena kontur lintasan yang Anda lalui tidak semulus dan sebagus jalanan on road atau aspal.

Kondisi off-road juga potensi terjatuhnya lebih besar, maka itu Anda  harus persiapkan riding gear yang bisa melindungi tubuh saat terjatuh. Riding gear off-road banyak perbedaan dibanding on-road. Helmnya kenapa harus pakai yang moncongnya ke depan, itu untuk sirkulasi udara. Jadi, agar tidak terjadi pengembunan di kaca helm. Maka itu, pakai helm yang menggunakan kacamata khusus. Belum lagi beragam pelindung yang harus Anda gunakan  mulai dari dada, siku, dan lutut. Sepatu juga dibuat kaku, tujuannya agar melindungi kaki jika tertimpa motor.

Mengendarai motor trail di trek off-road penting memperhatikan posisi berkendara, karena itu menjadi cara untuk menjaga keseimbangan. Ketika menikung ke kiri, badan harus cenderung ke kanan, untuk mengimbangi, agar posisi bisa tetap tegak.

Saat menikung ke kiri, kaki kanan harus menekan footstep, agar roda belakang lebih mencengkram. Kaki kiri diluruskan ke depan, tujuannya selain untuk keseimbangan, juga menghindari potensi tertiban motor jika terjatuh. Untuk posisi tangan, saat menikung ke kiri, tangan kiri diposisikan lurus. Sedangkan tangan kanan, posisinya menekuk dan sikutnya terangkat.

Untuk posisi badan, duduknya maju ke depan, tapi tidak sampai tepat di atas tangki bensin. Tujuannya untuk menekan suspensi depan, agar rebound lebih cepat.  Saat tanjakan, jangan duduk, sebaiknya berdiri dan badan cenderung ke depan, agar bobotnya tidak terlalu berat ke belakang. Begitu pula saat turunan, duduknya lebih mundur ke belakang. Nah jika teori-teori  Selanjutnya, tinggal menambah jam terbang atau pengalaman untuk melatih refleks saat di trek off-road. Jangan malas untuk berlatih ya, dan tetap jaga keselamatan ya.

 

comments

`