caption trialgame

Duh Ngeselin Banget Nih Ban Bocor Halus!

Monday, 12 August 2024

Duh Ngeselin Banget Nih Ban Bocor Halus


Untuk pengguna motor trail harian, pasti udah pernah ngerasain nih, namanya ban bocor, tapi yang paling ngeselin adalah ban bocor halus. Ban motor bocor halus menjadi masalah yang banyak dialami oleh pengendara. Kondisi ban motor bocor halus terjadi karena berbagai faktor, mulai dari di dalam kendaraan hingga kondisi di luar kendaraan seperti jalan yang dilewati, dan lainnya.

Sayangnya, kini karena bocor halus yang terjadi pada permukaan ban cukup kecil bahkan tidak terlihat sama sekali membuat pengendara jadi tidak menyadari letak bocor ban tersebut. Mereka biasanya baru menyadari ketika ban sudah habis tekanan angin. Nah penasaran kan apa sih yang bikin ban bisa bocor halus? Simak ulasannya yuk.

Faktor pertama yang menyebabkan ban motor bocor halus adalah karena kondisi ban itu sendiri, ban motor yang sudah lama atau berusia atau ban motor sudah gundul. Sebaiknya segera diganti dengan ban yang baru untuk menghindari ban motor bocor halus.

Jika Anda sering melewati jalan bebatuan yang tidak rata, hal ini juga bisa menjadi faktor penyebab ban motor bocor halus. Apalagi jika Anda melewati jalanan ini dengan kecepatan yang tinggi, risiko kebocoran ban pun bisa saja terjadi. Ini jadi catatan nih, buat yang suka trabasan.

Velg adalah komponen motor yang sangat penting dan letaknya ini dekat dengan ban. Kedua komponen ini harus sama-sama terpasang. Sebuah ban tidak akan bisa berdiri tanpa adanya velg. Apabila kondisi velg penyok tentu dapat membuat ban motor bocor halus. Hal ini dapat memicu juga  timbulnya rongga atau ruang kosong yang seharusnya terhubung dengan ban dengan rapat. Akibatnya, lewat rongga tersebut tekanan angin dalam ban pun akan terus keluar atau berkurang.

Penyebabnya internal salah satunya bisa disebabkan oleh komponen pentil ban motor yang kendor. Jika terjadi demikian, solusinya adalah dengan membawa motormu ke bengkel terdekat agar bisa ditangani oleh teknisi bengkel. Oh iya bekas tambal ban juga bisa menyebabkan bocor halus lho. Hal ini disebabkan karena pengerjaan tambal ban yang tidak rapi sehingga terdapat permukaan ban yang masih terbuka.

 

comments

`