caption trialgame

Ekspansi Baru Bisnis Kendaraan Offroad

Tuesday, 17 September 2024

Ekspansi Baru Bisnis Kendaraan Offroad


Kawasaki Motor Indonesia (KMI) merupakan salah satu pemain utama dalam industri motor trail Indonesia. Pabrikan motor ini bahkan sempat merajai pasar motor trail tanah air, dengan tipe KLX mereka, sebelum akhirnya Honda menumbangkan mereka saat meluncurkan tipe CRF beberapa waktu lalu.

Nah KMI belum lama lama  mengumumkan ekspansi bisnis baru. Pabrikan ‘Geng Hijau’ kini ikut bermain di segmen kendaraan roda 4 offroad berkategori ATV (All Terrain Vehicle), UV (Utility Vehicle), dan RUV (Recreational Utility Vehicle).

Produk pertama yang diluncurkan yakni berupa UV atau Utility Vehicle. Bernama Kawasaki Mule Pro-DXT UV, sebuah UV atau RUV yang biasa disebut S x S (Side by Side), karena dua kursi yang diposisikan berdampingan samping dan ditutup dengan struktur roll cage. Ia memiliki 4 roda dan dioperasikan oleh kontrol kaki dan kemudi. Mengusung mesin diesel 993 cc 4 tak 3 silinder segaris dengan pendingin cairan. Dilengkapi EPS (Electronic Power Steering) dengan penggerak roda yang dapat dipilih 2WD atau 4WD. Kawasaki Mule Pro-DXT FE diklaim mampu melibas lintasan offroad.

Produk keduanya yaitu Kawasaki Brute Force 750. Unit ini merupakan sebuah ATV (All Terrain Vehicle) dengan mesin 749 cc V-Twin 4 tak SOHC. Sama halnya seperti Mule Pro-DXT UV, ia juga dilengkapi EPS (Electronic Power Steering) dengan penggerak roda yang dapat dipilih 2WD atau 4WD. Kedua model didatangkan langsung dari Amerika Serikat, negara yang pasar kendaraan rekreasinya sangat berkembang.

Masing-masing hanya punya satu opsi warna. Kawasaki Mule Pro-DXT FE cuma Bright White, sedangkan Brute Force tersedia Cypher Camo Gray (Matte). Kawasaki Mule Pro-DXT UV dijual seharga Rp390 juta, sementara Brute Force 750 ATV dibanderol Rp340 juta. Kedua harga statusnya off the road.

Model 4wheeler Kawasaki saat ini hanya bisa diperoleh di 5 diler khusus di 5 kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Pekanbaru, Balikpapan, Denpasar dan Makassar. Jadi tidak semua diler Kawasaki bisa menjual kendaraan ini, karena bisnisnya terpisah.  Nah model ini sendiri baru akan menyapa Anda pada pertengahan 2025 mendatang.

Semoga ekspansi bisnis baru Kawasaki ini tidak membuat mereka melupakan produk yang membesarkan nama mereka di Indonesia yaitu motor trail. Pasalnya masih banyak motor trail rilisan Kawasaki yang tidak beredar di Indonesia, dengan beragam alasan.

 

 

comments

`