TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME

0

Loading ...

Enaknya Gunakan Cakram Depan Besar di Motor Trail

Teknis Kendaraan 16.06.2025

Enaknya Gunakan Cakram Depan Besar di Motor Trail


Anda yang mengendarai motor trail untuk kegiatan harian, pasti pernah bertemu dengan motor trail atau motor lain yang melakukan modifikasi pada bagian cakram remnya. Banyak pengendara motor trail yang mengatakan bahwa menggunakan cakram berukuran besar akan memberikan anda kontrol lebih pada motor saat mengerem tanpa perlu mengeluarkan tenaga yang besar. Sebagai contoh, bayangkan Anda mendapatkan respon rem yang diinginkan hanya dengan sedikit saja menarik tuas rem daripada mengenggamnya dengan kuat-kuat.

 Sebagian besar dari Anda mungkin cukup puas jika gagang rem berfungsi dengan benar serta motor trail berhenti dengan sempurna. Tapi tahukah Anda bahwa menggunakan cakram rem berukuran besar (270mm atau 280mm) memiliki sedikit keuntungan dibandinkan menggunakan cakram rem ukuran standard yaitu 240mm.

Jika Anda yakin dengan sistem pengeraman motor yang Anda tunggangi, maka hal ini akan menimbulkan rasa percaya diri saat melahap tikungan. Anda bisa memasuki tikungan dengan lebih cepat karena yakin dengan sistem pengereman motor trail. Dan tentu saja hal ini akan menghemat waktu sepersepuluh detik disetiap tikungan yang Anda selesaikan. Bayangkan berapa detik yang bisa Anda hemat dalam satu putaran?

Mereka yang sudah menggunakan cakram rem berukuran besar mengatakan bahwa ada perasaan berbeda saat mengerem menggunakan cakram ukuran besar. Bukan hanya respon motor saat gagang rem di tarik yang berbeda tapi rasa menekan gagang itu menjadi ikut berbeda. Anda tidak perlu mengeluarkan tenaga yang sama saat seperti menggunakan cakram rem berukuran standard.

Cakram berukuran besar juga mampu menyerap dan mendistribusikan panas lebih baik dibandingkan cakram rem standard. Panas yang dihasilkan dari kampas rem, tersebar lebih luas di ukuran cakram yang lebih besar sehingga mampu memperpanjang umur dari kampas rem tersebut. Cakram rem memang jarang sekali mengalami kerusakan, tapi pada ukuran yang besar hal ini bisa dicegah karena pendistribusian panas yang lebih merata pada medan yang lebih besar.

Cakram rem berukuran besar memang lebih mahal dibandingkan yang standard, tapi dengan performa yang dihasilkan serta tingkat keawetan pada komponen pendukung lainnya seperti kampas rem, rasanya harga yang tinggi tersebut cukup pantas dibayarkan.

Saat Anda berniat mau pasang cakram lebar di motor, kalian disarankan untuk cari cakram yang sesuai dengan lubang baut di area pelek yang akan dipasang. Selain posisi dan jumlah lubang baut cakram, saat pasang cakram lebar juga kalian harus tentukan kelebaran cakram yang akan dipasang.  Selain itu, Anda juga harus siapkan bracket kaliper yang sesuai dengan ukuran cakram baru. Sebab, bertambah lebarnya pelek juga harus diikuti penyesuaian posisi kaliper rem yang menempel di sokbreker depan.

image credit : enduromadness.com

Berita terkait

News
Tips & Tricks 19.08.25

Jangan Bingung Kalau Mau Kirim..

Mengirim motor trail ke luar kota menjadi solusi praktis bagi banyak orang, baik yang sedang pindah domisili, membeli atau menjual...

News
Teknis Kendaraan 19.08.25

Efek Negatif Malas Ganti Busi

Busi merupakan komponen vital dalam sistem perapian motor. Menariknya, asal-usul kata “busi” berasal dari bahasa Belanda, yaitu “bougie”. Ini merujuk...

News
Teknis Kendaraan 19.08.25

Tutorial Ganti Minyak Rem Motor..

Pada artikel sebelumnya kami sudah mengulas mengenai resiko jika Anda jarang atau tidak pernah mengganti minyak rem Anda. Dan pada...