Setelah penantian yang cukup lama, akhirnya Ducati resmi merilis motor trail offroad pertama mereka untuk dealer-dealer mereka di Eropa. Sejatinya, Desmo450 MX adalah motor motocross pertama Ducati yang membawa teknologi desmodromic khas MotoGP ke medan off-road. Menjadi bukti nyata bagaimana DNA balap Ducati kini merambah dunia motocross.
Untuk jantung pacunya, Desmo450 baru menghasilkan tenaga hingga 62 dk pada 9.400rpm dengan torsi puncak 53.4 Nm pada 7.500rpm. Pembatas putaran mesin beroperasi pada 11.900 rpm, dan diklaim sebagai patokan baru untuk sepeda motor trail di kelasnya.
Dengan ukuran lubang dan langkah 96 x 62,1 mm, Ducati mampu menggunakan katup masuk 40 mm dan katup buang 33 mm. Katup pemasukan terbuat dari titanium, sementara katup pembuangan dibuat dari baja khusus yang tahan suhu tinggi.
Untuk bodi, Desmo 450 MX menggunakan rangka luar aluminium, agar bobot sepeda motor seringan mungkin. Hal ini juga membantu mesin memiliki saluran pemasukan dan pembuangan selurus mungkin. Dari sisi bobot, motor ini memiliki berat kosong 104,8 kilogram tanpa cairan, yang dianggap cukup ringan. Rangka Desmo 450 MX hanya terdiri dari 11 bagian, atau setengah dari jumlah bagian pesaing di pasaran. Pabrikan juga menggunakan teknologi produksi canggih untuk suspensi.
Menggunakan merek Showa, garpu depan terbalik memiliki ukuran 49 mm dengan penyesuaian penuh, dan poros peredam kejut berlapis KashimBagian belakang dilengkapi fitur yang dapat disesuaikan, dan memiliki jarak runtuh 301 milimeter. Dalam hal pengereman, Ducati telah memilih satu set rem Brembo, dengan kaliper mengambang 2 piston di depan dan kaliper 1 piston di belakang. Cakram remnya menggunakan merek Galfer, dengan ukuran depan 260 mm dan belakang 240 mm.
Selain itu, elektronik sepeda motor baru meliputi kontrol rem mesin, yang dapat disesuaikan dengan berbagai tingkat intervensi. Motor ini juga terhubung dengan dua mode berkendara yang dapat disesuaikan oleh pengendara dengan kebutuhan mereka sendiri dan lintasan melalui aplikasi X-Link, serta dilengkapi Quickshifter.
Spesifikasi Singkat Ducati Desmo450 MX:
Engine:
Type: Single-cylinder, 4-stroke, DOHC, 4 valves, liquid-cooled
Displacement: 449.6 cc
Bore x Stroke: 96 mm x 62.1 mm
Compression Ratio: 13.5:1
Power: 63.5 hp (46.7 kW) @ 9,400 rpm
Torque: 53.5 Nm (5.46 kgm, 39.5 lb ft) @ 7,500 rpm
Fuel System: Keihin injector, Mikuni throttle body Ø 44 mm
Clutch: Multiplate with hydraulic control
Transmission: 5-speed with quick shift (upshift only)
Final Drive: Chain (DID DMS 520)
Maximum RPM: 11,900 RPM
Chassis:
Frame: Aluminum, welded with cast, forged, and extruded parts
Front Suspension: Showa upside-down fork (Ø 49 mm), fully adjustable
Rear Suspension: Showa monoshock, fully adjustable
Front Wheel: Spoked, Takasago Excel rim (1.6" x 21"), Pirelli Scorpion MX32 Mid-Soft tire (80/100 R21)
Rear Wheel: Spoked, Takasago Excel rim (2.15" x 19"), Pirelli Scorpion MX32 Mid-Soft tire (110/90 R19) Front Brake: Galfer Ø 260 mm single disc with Brembo 2-piston floating caliper
Rear Brake: Brembo 1-piston caliper with 240mm disc
Wheelbase: 1494 mm (58.8 in)
Seat Height: 970 mm (38.2 in)
Wet Weight (no fuel): 104.8 kg (231 lb)
Electronics:
Traction Control: Ducati Traction Control (DTC) with adjustable intervention levels
Launch Control: Yes
Engine Brake Control: Yes
Riding Modes: Two riding modes configurable via the X-Link App
Quickshifter: Yes, for upshifts
Image Credit : Worldofbike.com