Geliat Motor Trail 250cc di Indonesia
Geliat Motor Trail 250cc di Indonesia
Tren motor trail memang semakin gencar di Indonesia, penjualan motor trail terhitung laris manis. Tapi tahukah Anda ternyata saat ini motor trail jenis 250cc lah yang menjadi primadona. Setelah beberapa tahun terakhir, jenis motor trail entry level atau sekelas 150cc menjadi buruan orang, kini motor trail dengan kubikasi yang lebih besar justru menjadi primadona/
Kenapa hal ini bisa terjadi ? Motor Trail 250cc ini punya tenaga mesin yang kenceng banget, jadi cocok banget buat melibas berbagai medan di Indonesia yang punya banyak jalanan yang challenging. Dan saat ini, orang-orang yang telah membeli motor trail entry level pada tahun-tahun sebelumnya, memutuskan untuk naik kelas dan menggantinya dengan motor yang lebih memilik tenaga.
Saat ini memang ada banyak jenis motor trail 250cc yang beredar di Indonesia. Dari mulai merk lokal, Jepang, hingga Eropa. Tapi seperti biasa, pabrikan Jepang tetap menjadi yang paling populer karena memiliki harga yang masih terjangkau dibandingkan motor trail Eropa, namun performa dan kualitas yang lebih baik dibandingkan motor trail lokal.
Nah saat ini ada tiga jenis motor trail 250cc pabrikan yang menurut kami pantas dikedapankan yaitu Kawasaki KLX250, Honda CFR250 Rally dan Yamaha WR250R. Melalui Artikel ini kami akan bahas ketiganya secara mendalam, jadi simak bersama yuk.
Yang pertama adalah Kawasaki KLX 250. Motor ini menjadi motor Trail idaman di Indonesia karena dibekali dengan mesin silinder tunggal berkapasitas 250 cc yang dilengkapi dengan teknologi DOHC dan sistem pengabutan injeksi. Tenaga puncaknya mencapai 22 PS pada 7.500 rpm dan torsi mencapai 21 Nm pada 7.000 rpm.
Kawasaki KLX 250 dilengkapi dengan suspensi upside-down 43 mm dan pelek dengan ban pacul berukuran 3.00-21 di roda depan dan 4.50-18 di roda belakang. Motor ini memiliki bobot maksimal 136 Kg, yang terhitung cukup berat pada kelasnya.
Kemudian berlanjut pada Honda CRF250 Rally. Motor ini adalah pesaing alami Kawasaki KLX 250 di Indonesia. Honda CRF250 Rally dilengkapi dengan mesin silinder tunggal DOHC berkapasitas 250 cc dan sistem pengabutan bahan bakar PGM-Fi. Tenaga puncaknya mencapai 24,4 HP pada 8.500 rpm dan torsi mencapai 22,6 Nm pada 6.750 rpm. Honda CRF250 Rally dilengkapi dengan suspensi upside-down, pelek 21 inci di depan dan 18 inci di belakang, dan ban dual purpose dengan ukuran 80/100-21 dan 120/80-18.
Dan yang terakhir adalah Yamaha WR250 R, yang konon merupakan motor Trail terbaik di Indonesia dengan tenaga mesin paling besar. Mesinnya dilengkapi dengan teknologi Diasil Cylinder dan mampu menghasilkan tenaga puncak 30,3 HP pada 10.000 rpm dan torsi puncak 23,6 Nm pada 8.000 rpm.
WR250 R dilengkapi dengan suspensi upside-down, pelek 21 inci di depan dan 18 inci di belakang, dan ban dengan ukuran 80/100-21 dan 120/80-18. Nah buat Anda yang kebetulan sedang mempertimbangkan untuk mengganti motor trail entry level Anda, semoga artikel ini bermanfaat dan mampu menjadi bahan pertimbangan Anda untuk memilih.
comments
`