Hindari Mencuci Motor Trail Dalam Kondisi Ini ya

Hindari Mencuci Motor Trail Dalam Kondisi Ini ya
Hal wajib yang harus Anda lakukan segera setelah trabasan adalah mencuci dan membersihkan motor trail ya. Bagi Anda yang raji membersihkan motor trailnya tentu pernah merasakan bahwa motor trail akan terasa lebih ringan setelah mengalami proses pencucian. Ada yang berpendapat bahwa hal ini hanya sugesti belaka namun tidak sedikit juga yang mengatakan memang ada pengaruhnya. .
Pengaruh pencucian terhadap performa motor memang ada. Salah satu alasannya adalah karena kotoran yang menempel di motor trail Anda sudah tidak ada lagi. Apalagi jika kotoran tersebut berupa lumpur. Jika sudah dibersihkan maka motor trail akan terasa lebih enteng.
Mesin yang tertutup kotoran pun bekerja tidak optimal karena pembuangan panas menjadi terhambat. Oleh sebab itu jangan lupa juga untuk mencuci bersih bagian ini. Sementara itu bagian roda yang kotor akan membuat perputaranya tidak lancar karena biasanya di bagian master rem kotor hingga membuat motor trail menjadi agak tersendat. Karena alasan-alasan itu, sebaiknya Anda mulai mencuci motor trail secara reguler. Karena pada akhirnya, motor trail yang bersih turut menjadi faktor lebih awetnya tunggangan Anda.
Tapi bukan berarti Anda serta merta harus langsung mencuci motor trail dengan segera ada tiga hal yang harus Anda perhatikan agar tidak merusak motor trail itu sendiri. Yang pertama adalah hindari mencuci motor saat mesin dalam keadaan masih panas. Logam akan memuai ketika panas dan akan kembali pada bentuk semula saat dingin. Inilah yang perlu diperhatikan saat mencuci motor trail .
Dalam buku manual pasti disarankan untuk tidak menyiram mesin atau knalpot yang masih panas. Dalam kasus ekstrim, kondisi ini bisa membuat blok mesin retak dan kerusakan pada krom dan lapisan nikel. Jadi dinginkan dulu motor trail Anda ya.
Mencuci motor trail memang perkara mudah. Tapi bukan berarti Anda bisa memulainya dari bagian yang Anda inginkan bukan? Salah-salah bodi motor trail Anda bisa menjadi baret. Disarankan membersihkan area yang paling kotor terlebih dahulu. Misalnya ban, spakbor, dan bagian detail mesin. Setelah bersih, baru cuci sektor bodi. Alangkah baiknya, bedakan alat pembersih untuk roda dan mesin dengan bodi. Selain itu, disarankan menggunakan sarung tangan ketika mencuci ya.
Cuci bersih rantai terlebih dahulu sebelum membersihkan bagian lain.Kemudian jangan siram rantai menggunakan semprotan air bertekanan. Sebagaimana diketahui rantai memiliki Z-ring, O-ring atau X-ring. Nah, ring itu dilumasi dengan gemuk ketika rantai dirakit. Apabila disemprot air bertekanan memungkinkan gemuk tersebut hilang dan berdampak pada performa rantai. Untuk membersihkan ini, gunakanlah produk khusus yang dirancang untuk membersihkan rantai. Kemudian jangan pula menggunakan sabun ketika membersihkannya ya. Nah jadi, untuk performa motor trail lebih baik, jaga kebersihannya ya.
Image credit : partzilla.com
comments
`