caption trialgame

Ini Fungsi Oli Samping Pada Motor Trail 2-tak

Monday, 23 December 2024

Ini Fungsi Oli Samping Pada Motor Trail 2-tak


Kendati populasinya kian jarang, tapi penggemar motor trail 2-tak masih banyak lho. Karena populasinya semakin jarang, gak heran nih kalo anak jaman now, agak kurang engeh dengan motor trail 2-tak. Bahkan banyak dari mereka yang gak paham, kalau motor trail jenis ini memerlukan oli mesin tambahan atau yang biasa disebut dengan nama oli samping.

Lantas kenapa motor 2-tak butuh oli mesin tambahan? Sebelum membahas lebih jauh, kita bahas dulu tentang dua jenis oli yang dipakai pada mesin 2-tak. Mesin 2-tak membutuhkan gearbox oil dan engine oil. Gearbox oil ini bertujuan untuk melumasi area kopling dan gigi transmisi saja. Gearbox oil ini lebih sering disebut sebagai oli mesin, pada mesin 2-tak. Gearbox oil pada mesin 2-tak, menggunakan oli mesin 4-tak atau oli mesin 4T.

Sedangkan engine oil pada mesin 2-tak, bertujuan untuk melumasi komponen vital yaitu piston, dinding silinder, dan crankshaft. Nama resmi dari oli ini adalah 2-stroke engine oil. Tapi, di Indonesia lebih populer disebut sebagai oli samping. Kenapa demikian? Karena biasanya, letak tabung engine oil motor 2-tak ini berada di sisi samping motor. Oli samping ini, ikut terbakar bersama bahan bakar. Volumenya akan terus berkurang, dan kita harus isi ulang oli samping secara berkala.

Perbedaan mendasar pada mesin 2-tak dan 4-tak adalah, langkah kerja dan sistem pemasukan bahan bakarnya. Pada mesin 4-tak, campuran udara dan bahan bakar masuk melalui klep in menuju ruang bakar. Ruang bakar dan area crankcase motor 4-tak, tersekat rapat oleh ring piston dan dinding silinder secara sempurna. Sehingga oli yang melumasi area piston dan dinding silinder, tidak masuk ke ruang bakar dan ikut terbakar.

Pada mesin 2-tak, campuran udara dan bahan bakar masuk lewat lubang (port) di dinding silinder. Tidak ada klep in dan out pada mesin 2-tak. Campuran udara dan bahan bakar itu, kemudian dikompresi oleh piston dan dibakar api busi. Karena dinding silinder yang berlubang-lubang, membuat area ruang bakar dan crankcase motor 2-tak jadi menyatu.

Oli yang digunakan untuk melumasi piston, dinding silinder, dan crankshaft, secara otomatis akan ikut terbawa ke ruang bakar dan terbakar. Itu sebabnya motor 2-tak butuh oli samping, untuk melumasi area piston. Oli samping ini memang dirancang untuk mudah terbakar bersama bahan bakar. Dan akibat dari terbakarnya oli samping di motor 2-tak, kita akan melihat asap yang keluar dari knalpotnya.

Manfaat oli samping pada mesin 2-tak sangatlah penting. Sebab pada momen pembakaran, di mesin 2-tak sekaligus melakukan pelumasan. Banyak macam oli samping yang beredar di pasaran. Mulai dari yang untuk harian hingga untuk aplikasi balap alias racing. Biasanya oli samping peruntukan balap dibanderol dengan harga tinggi.

Banyak mitos yang beredar di kalangan para pengguna motor trail 2-tak, seperti pakai oli samping racing motor lebih kencang dan wangi pada asap knalpot berpengaruh pada performa mesin. Tidak bisa dipungkiri, oli samping racing pasti punya kelebihan. Oli mesin yang beredar saat ini memiliki zat aditif sebagai nilai jual, pun begitu dengan oli samping. Untuk oli samping racing, zat aditif yang disematkan lebih baik ketimbang oli biasa.

Suhu yang tinggi pada mesin balap menuntut karakter oli yang tahan panas. Hal ini bisa didapat dari oli samping racing untuk motor 2-tak yang bisa bekerja maksimal pada suhu tinggi. Sangat penting karena untuk melumasi part di ruang bakar seperti kruk as, piston dan liner blok sebelum akhirnya terbakar Bersama bahan bakar.

Bila oli samping racing bisa bekerja maksimal pada mesin performa tinggi, tentu oli ini bisa melayani kebutuhan mesin standar tanpa susahpayah. Dengan aditif yang dimiliki membuat tarikan motor standar lebih enteng.

Namun dengan berbagai teknologi dan aditif yang disematkan, membuat oli samping racing harus ditebus dengan harga yang tinggi.Tidak sedikit biker yang beranggapan, dalam memilih oli samping yang baik berasal dari wanginya. Padahal wangi pada oli samping bisa dibuat oleh para produsen oli hanya cukup menambahkan pewangi saja.

Hal ini jelas tidak ada hubungannya dengan mendongkrak performa. Begitu pula dalam hal emisi, oli samping yang tercium wangi tidak mengurangi jumlah emisi yang dikeluarkan motor 2-tak. Untuk para pemilik motor trail  2-tak yang harus diperhatikan dalam memilih oli samping adalah formulasi dan zat aditif yang disematkan. Sesuaikan dengan kebutuhan motor, bila memilih oli dengan kualitas terbaik tentu berpengaruh pada harga yang dikeluarkan.

comments

`