Ini Tanda Motor Trail Anda Harus Turun Mesin
Layaknya kendaraan bermotor, tentu suatu saat bakal mengalami sebuah keaadaan yang tidak terelakan yaitu turun mesin. Motor trail kesayangan Anda tiba-tiba mesinnya mengalami kemacetan dan tidak bisa dihidupkan sama sekali. Banyak orang yang baru mendengar namanya saja sudah gemetar.
Turun mesin merupakan istilah yang menyatakan bahwa mesin motor trail harus dibongkar total atau diganti dengan yang baru. Penyebab utamanya yaitu adanya kerusakan yang sangat serius pada mesin tersebut seperti mesin yang sudah tak layak pakai atau terdapat komponen yang mengalami patah. Jika mesin dipaksa untuk bekerja secara terus-menerus dikhawatirkan justru akan menimbulkan akibat yang fatal bagi pengendaranya.
Sebelum Anda panik, kami bakal jelaskan nih beragam ciri-ciri yang menandakan motor trail Anda harus segera tutun mesin. Nah ciri yang pertama adalah keluarnya asap putih dari knalpot. Pada saat Anda memanaskan mesin motor trail, terutama jika dilakukan pada pagi hari, tiba-tiba knalpot mengeluarkan asap putih, kemungkinan besar ring piston-nya mengalamai kerusakan serius sehingga mengakibatkan oli masuk ke ruang bakar. Cara mengatasinya bisa dilakukan dengan turun mesin setengah yaitu mengganti ring piston berikut pistonnya. Jika hal ini terjadi motor trail Anda tidak akan pernah bisa maksimal dalam kecepatan tinggi.
Gejala kedua adalah terdengar bunyi berisik di katup. Munculnya suara berisik yang berasal dari katup udara biasanya disebabkan oleh setelannya terlalu longgar atau noken as sudah aus. Kemungkinan penyebab lainnya adalah rantai keteng yang dipasang terlalu longgar. Jika Anda menemui masalah ini, segeralah setel ulang bagian-bagian yang pengaturannya salah supaya tidak merembet ke komponen motor trail lainnya.
Blok mesin yang berisik menjadi ciri selanjutnya. Raungan yang berasal dari blok mesin belakang umumnya dipicu oleh pemasangan krus as dan poros engkol yang tidak tepat. Anda bisa mengeceknya langsung dengan meminta bantuan dari mekanik yang sudah ahli. Hindari pula kebiasaan menekan gas motor trail terlalu dalam sebab dapat menggeser krus as dan poros engkol.
Jika Anda melihat adanya kebocoran oli pada blok mesin, patut waspada nih. Kebocoran yang terjadi pada blok mesin sehingga menyebabkan oli menetes keluar, biasanya disebabkan oleh bagian gasket atau parepack-nya sudah rusak dan harus segera diganti. Pastikan Anda memperbaiki kerusakan ini secepat mungkin. Bila oli mesin sampai habis, maka komponen-komponen di dalamnya pun akan aus dan rusak.
Dan ciri terakhir adalah mesin motor trail sama sekali tidak mau menyala. Kebanyakan mesin motor trail yang tidak mau menyala dikarenakan ada komponen di dalam mesin yang patah. Bisa jadi part yang rusak tersebut adalah poros engkol, stang piston, gearbox, dan sebagainya. Jika hal ini terjadi pada motor trail Anda, sebaiknya segera membawanya ke mekanik kepercayaan Anda, mengingat tingkat kerusakan yang sudah kronis. Lepaskan rantai dari gear belakang, jika posisi gigi motor trail Anda tidak normal sehingga tidak bisa membuat motor trail bergerak.
image credit : enduromadness.com