caption trialgame

Jangan Takut, Ini Resiko Bermotor Trail

Monday, 3 June 2024

Jangan Takut, Ini Resiko Bermotor Trail


Jika Anda penggemar motor trail yang kerap trabasan, tentu sudah mengetahui dong beragam macam resiko yang bisa terjadi saat Anda berpetualang di medan offroad. Jatuh dari motor trail merupakan hal yang lumrah, oleh karena jangan lupa untuk selalu menggunakan perlengkapan keselematan untuk meminimalisir terjadinya cedera jika terjadi kecelakaan.

Tubuh Anda menjadi sangat rapuh jika terjadi kecelakaan. Bahkan dengan menggunakan perlengkapan terbaik pun, Anda bisa mengalami cedera saat terjadi kecelakaan. Memang ada beberapa cedera yang bisa disembukan dengan sedikit bantal panas atau obat penghilang sakit namun tidak sedikit juga yang memerlukan waktu penyembuhan lama yang mengharuskan Anda memarkir motor kesayangan selama berbulan-bulan.

Untuk menambah wawasan, kami jelaskan nih beragam cedera yang biasa terjadi saat berkendara motor trail,sebagian besar cedera ini bisa diminiminalisir dengan penggunaan alat pengaman yang tepat, jadi simak bersama yuk.

Yang pertama adalah cedera lutut.  Cedera ini adalah yang paling umum yang diderita oleh para pengedara motor trail.  Kerusakaan otot ligament lutut akibat benturan atau saat jatuh yang tidak tepat sebenarnya dapat diminimalisir jika Anda menggunakan pelindung lutut.

Bagian sendi bahu dan otot-oto sekitarnya bisa terluka ketika anda melakukan pendaratan yang tidak sempurna. Dampak jatuh pada bahu bisa menyebabkan sobeknya otot yang mengharuskan Anda untuk melakukan fisioterapi. Untuk mencegah terjadinya cedera yang berat dibagian bahu, sangat dianjurkan untuk selalu menggunakan  pelindung bahu.

Tulang Clavicula atau tulang selangka, adalah tulang yang membentuk bahu  dan menghubungkan lengan atas pada batang tubuh. Jika saat jatuh, posisi tangan anda berada dalam posisi yang tidak tepat dapat mengakibatkan terjadinya cedara pada tulang ini. Anda bisa menggunakan pelindung leher untuk meminimalisir terjadinya cedera pada tulang clavicula Anda.

Sendi acromioclavicular merupakan daerah terlemah dari bahu anda. Sendi ini menghubungkan tulang clavicula dengan tulang bahu. Sebuah benturan keras ke daerah ini dapat mengakibatkan terjadinya trauma pada otot bahkan kerusakan pada otot tersebut. Pelindung bahu berperan penting untuk mencegah terjadinya cedera yang lebih parah.

Dan yang terakhir adalah terkilir pada pergelangan tangan dan kaki. Kedua cedera ini biasanya terjadi karena kinerja otot yang dipaksakan. Terkilir bisa dikategorikan kedalam beberapa bagian namun yang terparah adalah terjadi memar dan pembengkakan pada sendi yang bisa mempengaruhi performa Anda.  Penggunaan pelindung engkel dan sepatu boot bisa mencegah terjadi nya terkilir pada bagian pergelengan kaki. Sementara itu pelindung siku dan pergerlangan tangan bisa mencegah cedera tersebut menimpa pada bagian tangan Anda.

Selalu perhatikan kesalamatan anda saat mengendarai motor trail. Pelajari beragam cara untuk berkendara aman dan berlatih untuk menghindari terjadinya kecelakaan. Jangan lupa untuk selalu gunakan perlengkapan keamanan yang memadai sebelum anda memacu kencang motor kesayangan Anda, karena tidak ada yang bisa menduga kapan kecelakaan akan terjadi. 

 

comments

`