Motor trail Anda memiliki salah satu komponen penting yaitu rantai. Fungsi utama rantai motor adalah untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang, sehingga motor bisa bergerak. Rantai bekerja dengan sistem sproket (gir depan dan belakang) untuk mengubah putaran mesin menjadi gerakan memutar roda, serta berperan dalam mengatur rasio percepatan dan kecepatan motor.
Jadi secara umum fungsi-fungsi utama rantai motor adalah meneruskan tenaga, menggerakan roda, mengatur rasio gigi, memastikan performa efisien dari mesin ke ban motor. Nah Saat musim hujan, setelan rantai motor sebaiknya dibuat sedikit lebih kendur dari biasanya untuk mengimbangi perubahan akibat kelembapan dan suhu. Selain itu, perawatan rantai menjadi lebih penting, yaitu segera keringkan dan lumasi rantai setelah terkena hujan untuk mencegah karat dan menjaga performa.
Setelan rantai sebaiknya dibuat sedikit lebih kendur dibandingkan kondisi normal untuk mengantisipasi perubahan. Namun, pastikan kelonggaran masih dalam batas aman (sekitar 25-35 mm) agar tidak terlepas.
Pertama-tama gunakan standar tengah agar motor seimbang dan ban belakang bisa diputar bebas saat menyetel. Lalu kendorkan baut as roda. Setel baut pengatur rantai pada kedua sisi secara bersamaan hingga tingkat kekencangan yang diinginkan tercapai. Pastikan gir depan dan belakang terlihat lurus. Kencangkan kembali baut as roda dan baut setelan. Periksa kelancaran gerakan rantai dan kondisi gir setelah penyetelan selesai. .
Memang kenapa sih kalo rantai motor trai tetap kencang di musim hujan? Risiko rantai kencang di musim hujan sangat berbahaya karena bisa menyebabkan rantai putus secara tiba-tiba, merusak gir, mempercepat keausan komponen, serta membebani mesin sehingga tarikan berat dan boros bensin. Selain itu, kencangnya rantai saat musim hujan akan membebani kinerja rantai ketika melewati genangan air atau banjir, sehingga lebih baik diatur sedikit lebih kendur dari setelan standar.
Nah agar rantai motor tetap awet maka kami sarankan untuk melakukan perawatan rantai saat musim hujan. Segera keringkan setelah kehujanan. Segera cuci motor dan keringkan rantai untuk menghilangkan sisa air yang bisa menyebabkan karat. Lumasi rantai minimal seminggu sekali, terutama setelah terkena hujan, agar pelumas tidak cepat hilang. Hindari menggunakan oli bekas karena kotoran di dalamnya dapat merusak rantai. Gunakan pelumas khusus rantai (chain lube) atau oli gardan motor matik sebagai alternatif.
Image credit : dirtbikemagazine.com