caption trialgame

Khasiat Porting Pada Motor Trail Anda!

Monday, 12 August 2024

Khasiat Porting Pada Motor Trail Anda!


Pada artikel sebelumnya kami sudah menjelaskan secara detail apa itu porting motor dan bedanya dengan bore up. Nah pada artikel ini kami bakal jelaskan dampak atau manfaat positifnya bagi performa motor trail Anda. Simak bareng-bareng yuk.

Dengan melakukan porting, saluran-saluran yang ada akan diperbesar dan diperhalus, sehingga aliran udara dan bahan bakar menuju ruang bakar menjadi lebih efisien.Ketika aliran udara dan bahan bakar menjadi lebih lancar, mesin dapat bekerja lebih keras tanpa mengalami hambatan yang berarti.

Hasilnya, pembakaran dalam mesin menjadi lebih optimal, dan tenaga yang dihasilkan juga bisa meningkat secara signifikan. Tentunya, ini sangat bermanfaat pada motor yang sering mengalami putaran mesin yang tinggi.

Selanjutnya, teknik ini juga berperan dalam meningkatkan responsivitas mesin terhadap akselerasi atau percepatan. Sederhananya, ketika Anda menekan pedal gas, maka aliran udara dan bahan bakar yang lebih lancar akan memungkinkan mesin untuk merespon dengan lebih cepat.

Hal ini karena saluran yang sudah diperhalus dan diperbesar melalui porting membuat mesin dapat segera mengambil lebih banyak bahan bakar dan udara yang diperlukan untuk mempercepat kendaraan.

Responsivitas tinggi ini akan sangat terasa saat Anda membutuhkan akselerasi cepat, misalnya saat hendak meningkatkan kecepatan atau ingin menyalip kendaraan lain, Anda akan merasakan tarikan mesin yang lebih cepat dan halus.

Sesuai definisi definisi tentang apa itu porting motor sebelumnya, teknik modifikasi ini membuat proses pembakaran menjadi lebih optimal. Umumnya, mesin yang telah dimodifikasi dengan metode porting memiliki rasio campuran udara dan bahan bakar yang lebih seimbang, sehingga proses pembakaran menjadi lebih efisien. Ini artinya, Anda bisa mendapatkan tenaga yang lebih besar tanpa harus meningkatkan konsumsi bahan bakar atau BBM Anda secara signifikan.

Dampak positif selanjutnya adalah peningkatan performa pada putaran mesin (RPM) tinggi. Sebab, ketika mesin bekerja pada RPM tinggi, kebutuhan akan aliran udara dan bahan bakar yang cepat dan lancar menjadi sangat krusial. Nah, dalam hal ini, porting motor yang dilakukan dengan baik dan benar akan memastikan bahwa saluran masuk dan keluar tidak lagi menjadi hambatan, sehingga mesin dapat mencapai putaran tinggi dengan lebih mudah dan stabil.

 

comments

`