caption trialgame

Kok Rem Motor Trail Terasa Kurang Pakem ya

Tuesday, 27 August 2024

Kok Rem Motor Trail Terasa Kurang Pakem ya


Rem merupakan salah satu komponen penting dalam sistem pengereman motor trail Anda. Ketika rem motor mulai kurang pakem, dapat menyebabkan insiden kecelakaan yang berbahaya. Apa saja sih penyebab terjadinya hal ini ya?

Kampas rem adalah bagian yang paling sering menyebabkan rem motor kurang pakem. Periksa kondisi kampas rem dengan visual. Jika celah-celah di kampas rem sudah tidak terlihat, maka kampas rem sudah habis dan perlu diganti. Jika masih tebal, maka penyebabnya bisa karena ‘masuk angin’ atau usia kampas sudah ‘kadaluarsa’.

Kualitas kampas rem jelas berpengaruh pakem atau tidaknya rem motor karena berhubungan dengan materialnya. Selain tidak pakem, kampas rem yang kualitasnya kurang, akan menimbulkan suara mendecit saat pengereman.

Oleh sebab itu, disarankan untuk menggunakan kampas rem orisinal pabrikan motor sehingga pengereman motor selalu maksimal. Selain itu, kampas rem orisinal juga biasanya lebih awet karena materialnya lebih berkualitas.

Gelembung udara di saluran rem juga bisa membuat rem kurang pakem lho. Kondisi ini biasanya terjadi karena tekanan cairan rem tidak tersalurkan ke kaliper, tetapi terserap oleh partikel udara yang berada di dalam sistem pengereman. Alhasil, rem mengalami penurunan performa bahkan bisa mengakibatkan rem blong. Pemicu kondisi ini di antaranya adalah karena cairan rem habis, kampas rem habis, atau kebocoran pada saluran rem sehingga kemasukan udara. Jika hal ini terjadi, sebaiknya segera periksa sepeda motor ke bengkel langganan.

Oh iya seiring waktu, kualitas cairan rem akan turun karena pemakaian. Dapat timbul kotoran seperti lumpur atau lumut karena rusaknya formula cairan rem. Oleh sebab itu, sebaiknya cairan rem harus diganti secara berkala untuk menjaga kualitasnya tetap prima.

Tidak pakemnya rem juga bisa disebabkan permukaan kampas rem yang mengeras. Ketika bergesekan dengan dinding mangkuk tromol rem, permukaannya akan lebih licin dan hilang daya gigit. Permukaan kampas rem di dalam tromol perlu diamplas supaya lebih kasar dan disikat agar bersih dari serpihan.

Penyebab lainnya adalah ada kotoran di permukaan kampas rem atau tromol. Bisa terjadi karena oli menyelinap di antara dua permukaan komponen rem itu. Oli itu biasanya berasal dari seal oli mesin atau transmisi yang bocor. Permukaan kampas rem dan tromol perlu dibersihkan agar tidak ada kotoran.

Masih banyak motor trail yang  masih menggunakan rem tromol di belakang dengan mekanisme penarik menggunakan kabel. Saat tuas rem ditekan, kabel akan menarik tuas tromol dan menggerakkan sepatu rem. Atur penyetel rem tromol supaya kampas rem tetap pakem.

Periksa kabel rem dari kekakuan atau tanda keausan yang bisa membuatnya macet ketika tuas rem ditarik. Dengan cara melumasinya, pergerakan kabel bisa kembali normal dan mencegah karat. Tapi bila kondisi kabel sudah mulur, sebaiknya diganti karena sudah tidak maksimal menarik kampas rem

Nah itulah beberapa penyebab mengapa rem motor trail Anda terasa kurang pakem saat digunakan, jangan lupa untuk rutin memeriksakan tunggangan Anda di bengkel kepercayaan ya, agar performanya tetap terjaga. a

comments

`