TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME

0

Loading ...

Motor Trail Lokal Percaya Diri di Pasar Tanah Air

Teknis Kendaraan 19.08.2025

Kendati pasar motor enduro di tanah air marak dengan serbuan beragam pabrikan internasional, hal ini tidak mengecilkan pabrikan motor lokal untuk meluncurkan produk terbaru mereka. Viar percaya diri untuk meluncurkan motor enduro terbaru mereka yaitu  Viar Cross X 250.  Cross X 250 memang tampil beda. Mesinnya tangguh, tampilannya agresif, dan siap Anda bawa bertualang ke medan ekstrem. Cocok banget buat yang doyan menjelajah alam liar tanpa takut kehabisan tenaga di tengah jalan.

Di kelas cross 250, motor adventure ini cukup punya daya tawar yang mengesankan jika kita bandingkan dengan beberapa kompetitornya. Mengapa demikian? Hal ini karena harganya yang cukup terjangkau jika kita bandingkan dengan KLX, dan WR, yang jauh di atasnya secara harga. Nah, mari kita kulik lengkap mengenai motor trail terjangkau ini.

Cross X 250 memang tidak main-main soal penampilan. Motor trail ini punya bentuk rangka kekar yang langsung bikin pd saat turun ke lintasan off-road. Pilihan warna oranye dan merah juga memberi kesan kuat dan penuh semangat.

Motor ini memakai sasis twin spar model delta box. Desain ini bukan cuma sekadar gaya, tapi juga punya struktur yang kokoh. Sasis ini membuat motor tetap stabil meski Anda ajak melibas tanjakan dan turunan curam.

Kalau sebelumnya kenal Viar lewat Cross X 150 atau 200, versi 250 ini jauh lebih serius. Perubahannya terasa dari desain sampai komponen yang motor ini pakai. Motor ini benar-benar pabrikan rancang buat para pencinta petualangan sejati.

Mesin Viar Cross X 250 tidak bisa Anda anggap remeh. Motor ini mengusung mesin satu silinder berkapasitas 250cc. Tipe mesinnya SOHC dengan 4 katup, dan bisa digeber sampai 9.000 rpm. Tenaga maksimalnya tembus di angka 25,4 dk dan torsinya sampai 23 Nm. Dengan tenaga sebesar ini, motor tidak kesulitan saat harus menanjak di jalan berbatu atau berlumpur. Transmisi 6 percepatan juga bikin akselerasinya tetap mulus di segala medan.

Menariknya, meski sudah dilengkapi radiator, sistem pembakarannya masih memakai karburator. Beberapa orang mungkin lebih suka injeksi, tapi karburator tetap punya kelebihan tersendiri, terutama untuk motor trail.

Salah satu hal yang bikin Viar Cross X 250 cocok buat petualangan adalah sistem suspensinya. Suspensi depannya sudah upside down dan yang belakang pakai monoshock. Keduanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan si pengendara. Suspensi ini mampu meredam getaran saat melintasi jalur berbatu, pasir, hingga lumpur. Selain itu, ground clearance setinggi 320 mm bikin motor tidak gampang mentok ke batu atau akar pohon.

Tinggi jok 920 mm membuat posisi duduk terasa mantap. Motor ini punya handling lincah, jadi tetap enak dikendalikan meski tubuhnya bongsor. Berat kosong hanya 126 kg, cukup ringan untuk ukuran motor 250cc.

Viar Cross X 250 dijual dengan harga yang ramah kantong, di kisaran 42 jutaan rupiah. Bandingkan saja dengan motor sekelas seperti KLX 250S atau WR250R. Harganya bisa dua kali lipat lebih mahal. Tapi dari segi performa, Cross X 250 tetap punya daya tarik kuat untuk dipertimbangkan.

 

Apalagi motor ini sudah mengusung fitur seperti electric starter dan kick starter. Ban depan ukuran 90/100-21 dan belakang 110/100-18 juga membuat traksi di jalan tanah tetap terjaga. Tangki bensinnya mampu menampung 6,7 liter, cukup untuk perjalanan jauh. Buat yang sedang cari motor trail dengan tenaga besar tapi tidak menguras isi dompet, Viar Cross X 250 bisa jadi pilihan tepat. Performa mesinnya galak, suspensinya empuk, dan desainnya juga tidak kalah keren. Motor ini bukan cuma cocok buat hobi akhir pekan, tapi juga sanggup diajak touring jarak jauh melintasi alam liar.

Spesifikasi :
Dimensi                            2120x810x1250
Suspensi Depan               Upside Down 45mm
Suspensi Belakang           Monoshock Unitrack System
Ukuran Ban Depan           80/100-21
Ukuran Ban Belakang      100/100-18
Rem Depan                       Disk Brake, Disk Plate 240 mm
Rem Belakang                   Disk Brake, Disk Plate 240 mm
Tipe Mesin                          4 Langkah SOHC
Diameter X Langkah          77 x 53.6 mm
Daya Maksimal                  19 KW/9000 rpm (24,4 hp)
Torsi Maksimal                   23 N.m/7000 rpm
Volume Langkah                 249,6 cc
Kopling                                Manual Multiple Wet Clutch

Image credit : momotor.id

Berita terkait

News
Tips & Tricks 19.08.25

Jangan Bingung Kalau Mau Kirim..

Mengirim motor trail ke luar kota menjadi solusi praktis bagi banyak orang, baik yang sedang pindah domisili, membeli atau menjual...

News
Teknis Kendaraan 19.08.25

Efek Negatif Malas Ganti Busi

Busi merupakan komponen vital dalam sistem perapian motor. Menariknya, asal-usul kata “busi” berasal dari bahasa Belanda, yaitu “bougie”. Ini merujuk...

News
Teknis Kendaraan 19.08.25

Tutorial Ganti Minyak Rem Motor..

Pada artikel sebelumnya kami sudah mengulas mengenai resiko jika Anda jarang atau tidak pernah mengganti minyak rem Anda. Dan pada...