Ngeri Nih Motor Besar Adventure Terbaru Siap Rilis
Pasar motor besar adventure sepertinya sedang mendapat perhatian lebih nih. Pasar ini memang sedang berkembang pesat, gak heran jike kemudian PT Astra Honda Motor (AHM) secara resmi meluncurkan Big bike adventure touring mereka yaitu New XL750 Transalp, pada akhir bulan lalu.
Sebagai suksesor dari semangat “All-Rounder Adventure Touring Bike” yang melegenda sejak 1986, New XL750 Transalp hadir sebagai jawaban atas kebutuhan para penggemar motor tualang. Pembaruan signifikan untuk model year 2025 semakin memperkuat identitasnya sebagai motor adventure sejati sekaligus meningkatkan fungsionalitas untuk turing jarak jauh.
Salah satu pembaruan yang paling mencolok adalah pada sektor desain. New XL750 Transalp kini tampil dengan desain bodi yang lebih gagah dan agresif. Desain headlight dan upper fairing terbaru memberikan kesan tangguh, seolah siap menerjang segala rintangan.
Selain itu, windscreen baru yang terbuat dari material Durabio, tidak hanya menawarkan visibilitas yang optimal bagi pengendara, tetapi juga memiliki daya tahan tinggi untuk menghadapi berbagai kondisi cuaca ekstrem sekalipunTidak hanya dari segi tampilan, New XL750 Transalp juga mendapatkan sentuhan modern pada sektor fitur. Guna mendukung kebutuhan turing di era digital, ia kini dilengkapi dengan layar 5 inci TFT Panel Meter yang informatif dan mudah dibaca.
Keunggulan utama dari panel meter ini adalah adanya dukungan konektivitas melalui Honda RoadSync. Fitur canggih ini memungkinkan pengendara untuk mengakses berbagai informasi penting seperti navigasi, panggilan telepon, pesan singkat, hingga menikmati alunan musik favorit secara praktis dan aman melalui Voice Control dan Multi-Function Switch yang terintegrasi di setang motor.
Dari segi performa, New XL750 Transalp tetap ditenagai oleh Unicam 8-katup Paralel-Twin 755 cc. Memiliki tenaga 90,5 hp pada 9.500 rpm dan torsi puncak 75 Nm pada 7.250 rpm. Unicam yang dipakai mengikuti template Africa Twin saat ini. Sebuah camshaft tunggal bekerja langsung pada katup masuk dan membuka katup buang melalui rocker. Dengan tujuan menciptakan mesin yang lebih ringan dan kompak sambil mempertahankan kemampuan putaran tinggi dari desain DOHC.
Transalp menggunakan poros engkol 270 derajat untuk menghasilkan hentakan yang meniru V-twin dan pengiriman torsi yang lebih baik. Badan throttle ride-by-wire 46 mm yang digunakan menghasilkan pemetaan mesin berbeda yang mengutamakan tur dan kenyamanan.
XL750 menawarkan empat mode berkendara yang dapat dipilih: Sport, Standard, Rain, dan Gravel. Setiap mode menawarkan pengaturan level, mulai dari empat level tenaga mesin, tiga level engine brake, dua level ABS, dan lima level kontrol traksi. Ada juga mode User untuk memilih pengaturan khusus. Memungkinkan pengendara untuk memilih dari empat power map, lima pengaturan kontrol traksi, dan tiga mode pengereman mesin. Selain itu, sistem pencahayaan All LED Lighting System memastikan visibilitas yang baik di segala kondisi, sementara rear carrier built-in siap menampung barang bawaan untuk perjalanan jauh.
Sistem suspensi terdiri dari garpu Showa 43 mm upside down SFF-CA (Separate Function Fork-Cartridge) dengan penyesuaian preload pegas dan travel 198 mm. Belakang pakai monoshock Showa dengan pengaturan preload reservoir jarak jauh yang menawarkan travel 190 mm. Guncangan terhubung melalui sistem Pro-Link ke lengan ayun, yang punya kemiripan dengan Africa Twin, tetapi dengan paduan aluminiumnya sendiri.
Pakai roda depan wire-spoke 21 inci dan belakang 18 inci. Tugas pengereman diselesaikan melalui kaliper dudukan aksial dua piston Nissin di bagian depan dengan cakram ganda 310 mm. Lalu satu cakram belakang 256 mm dan kaliper piston tunggal. ABS adalah standar dengan dua tingkat intervensi yang dapat dipilih, dan ABS belakang dapat dilepas untuk penggunaan off-road. Transalp hadir dengan ban Metzeler Karoo Street atau Dunlop Mixtour berukuran 90/90-21 dan 150/70-18.
New XL750 Transalp hadir dengan dua pilihan warna eksklusif yang menarik, yaitu Honda Tricolor yang ikonik dan Graphite Black yang memberikan kesan tangguh yang lebih kuat. Buat Anda yang minat meminangnya, pastikan untuk merogoh kocek dalam-dalam karena harganya terbilang cukup lumayan di angka 360 jutaan.
Key Specifications:
Engine: 755cc, parallel-twin, liquid-cooled, 270-degree crank
Power: 90 bhp at 9,500 rpm
Torque: 75 Nm at 7,250 rpm
Transmission: 6-speed gearbox
Brakes: Dual front disc brakes, single rear disc brake
Weight: 208 kg (kerb weight)
Seat Height: 850 mm
Frame: Diamond steel frame
Suspension: Showa SFF-CA fork and Pro-Link rear shock absorber
Wheels: 21-inch front, 18-inch rear wire-spoke wheels
Tires: Metzeler Karoo Street and Dunlop Mixtour (optional)
Riding Modes: Sport, Standard, Rain, Gravel, and User Mode
Electronic Features: Ride-by-wire throttle, Honda Selectable Torque Control (HSTC)
Image credit : eicma.com