TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME

0

Loading ...

Oli Samping Untuk Jaga Performa Motor Trail 2-Tak!

Teknis Kendaraan 11.11.2025

Menjaga performa motor trail2-tak bukan cuma soal rajin servis, tapi juga memilih oli samping yang tepat dan menjaga takarannya sesuai kebutuhan mesin. Oli samping 2 tak adalah jenis oli yang berfungsi melumasi bagian dalam mesin lewat sistem pembakaran motor.

Nah, biar motor trail kesayangan Anda tetap prima dan bebas asap berlebih, penting banget tahu fungsi dan takaran idealnya ya. Oli samping punya banyak fungsi penting yang menentukan awet atau tidaknya mesin motor kamu. Melindungi piston dan silinder dari gesekan berlebih

Oli samping bekerja dengan membentuk lapisan pelindung di antara piston dan dinding silinder. Lapisan ini meminimalkan gesekan logam, sehingga keausan bisa ditekan dan umur mesin lebih panjang. Dengan pelumasan optimal, pembakaran di ruang mesin jadi lebih sempurna. Efeknya, tenaga motor meningkat dan konsumsi bensin pun bisa lebih irit.

Salah satu musuh utama mesin motor 2-tak adalah tumpukan karbon. Oli berkualitas membantu melarutkan sisa pembakaran agar tak menumpuk di piston dan knalpot.  Karena mesin motor trail 2-tak cenderung cepat panas. Dengan oli yang tepat, suhu mesin bisa lebih stabil dan risiko overheat pun berkurang.

Saat pelumasan bekerja maksimal, pergerakan piston terasa enteng. Ini bikin motor lebih responsif, terutama di tarikan awal dan saat akselerasi tinggi.  Kombinasi antara pelumasan yang baik, suhu stabil, dan pembakaran bersih membuat performa mesin bertahan lebih lama tanpa perlu sering bongkar blok atau ganti ring piston.

Menentukan takaran oli samping yang pas memang butuh sedikit trial and error. Tapi secara umum, Anda bisa mulai dengan takaran sekitar 10-20% lebih banyak dari rekomendasi pabrikan. Setelah itu, perhatikan gejala motor. Kalau asap berlebih masih muncul, tambahkan sedikit demi sedikit sekitar 5-10% sampai asapnya berkurang.

Untuk motor trail standar yang masih memakai sistem otomatis (tabung oli menuju karburator), perhatikan tetesan oli dari selang ketika mesin hidup. Idealnya oli menetes tiap 10 detik saat idle. Kalau terlalu cepat atau lambat, Anda bisa sesuaikan setelan pompa oli agar lebih pas. Sedangkan untuk motor trail  2-tak yang sudah menggunakan sistem campur langsung di tangki bensin, takaran umumnya adalah 25 cc oli untuk setiap 1 liter bensin.

Image credit : betterdirtbikeriding. com

Berita terkait

News
Teknis Kendaraan 08.12.25

Tips Pepanjang Usia Aki Motor..

Mengingat fungsinya yang sangat vital, perawatan aki motor menjadi salah satu hal yang harus dilakukan secara rutin.  Pasalnya, komponen inilah...

News
Teknis Kendaraan 08.12.25

Pahami Dulu Nih Sebelum Mutusin..

Okeee sudah tahu belum bonus akhir tahun untuk belanja apa ? Penggemar motor trail pasti udah punya rencana nih buat...

News
Teknis Kendaraan 08.12.25

Bedah Fitur ABS Pada Motor..

Belum lama ini, pabrikan motor asal Jepang, Suzuki, meluncurkan produk motor trail terbaru mereka yaitu Suzuki DR150 FI ABS 2026....