Pesatnya persaingan industri otomotif, khususnya motor trail dan motor adventure, kini membuatnya tidak hanya didominasi oleh pabrikan asal Jepang atau Eropa saja. Pabrikan asal Tiongkok pun kini ramai meluncurkan beragam produk mereka dengan harga yang terjangkau namun memiliki fitur yang tidak kalah dengan pabrikan asal Jepang atau Eropa.
CFMoto salah satu merek Tiongko yang gencar melakukan inovasi dan promosi. Terakhir mereka ikut meramaikan event pameran otomotif terbesar Eropa, EICMA 2025, dengan memperkenalkan produk motor trai terbaru mereka yaitu CFMoto 1000MT-X 2026. Hal ini adalah salah satu bukti keseriusan CFMoto yang meramaikan segmen motor adventure premium.
CFMoto 1000MT-X diperkenalkan di panggung EICMA 2025 dengan mempertahankan desain keluarga MT sebelumnya tetapi dengan dimensi lebih besar dan rasa “adventure serius”. Motor ini dirancang untuk para pengendara yang menginginkan kombinasi performa mesin besar, kenyamanan touring, dan kemampuan menjelajah medan kasar. 1000MT-X yang berbobot kosong 199kg ,memiliki warna pilihan yakni Zephyr Blue dan Tactical Green menyesuikan dengan aroma petualaangan.
Fitur pendukungnya terdiri dari Cruise Control, ABS, TCS, Quickshifter, Lima mode berkendara, pemanas grip, serta pemanas jok Proteksi tambahan juga disiapkan: pelindung bawah (skid plate), handguard, dan pelindung rantai. Panel instrumen: layar TFT 8 inci yang cukup besar dan informatif, juga mendukung pengaturan berbagai sistem elektronik serta konektivitas opsional melalui “T-Box” untuk integrasi ponsel. Ada juga indikator tekanan ban: TPMS (monitor tekanan ban) yang menjadi bagian dari paket standar.
Selain itu rancangan jok 2-in-1 yang bisa disesuaikan (tinggi rendah antara 830 mm dan 870 mm), demi kenyamanan pengendara baik saat duduk maupun berdiri.Mesinya ditenagai oleh konfigurasi dua silinder sejajar DOHC dengan 8 katup berkapasitas 946,2 cc yang menghasilkan tenaga sekitar 113 hp pada 8500 rpm dan torsi 105 Nm di 6250 rpm.. Sistem bahan bakarnya memakai Bosch MSE 9.0 EFI untuk mendukung “cornering ABS” dan traction control (TCS) dalam beberapa mode berkendara. Transmisi 6-percepatan dilengkapi quickshifter dan slipper clutch. Emisinya telah mengikuti standar Euro V+, yang memperhatikan regulasi lingkungan pada pasar Eropa dan internasional
Agar bisa menjelajah dengan kuat, motor inimenggunakan material perpaduan baja/alumunium, di mana mesinnya menjadi bagian structural struktural (engine-bearing design), memberikan kekakuan namun tetap lincah bermanuver.
Suspensi depannya menggunakan fork USD KYB 48mm yang sepenuhnya dapat disetel, sedangkan suspensi belakang: monoshock KYB dan bisa disesuaikan. Rodanya berukuran 21 inci di depan dan 18 inci di belakang, menggunakan ban Pirelli Scorpion Rally STR, cocok untuk campuran off-road dan aspal dengan ukuran 90/90 R21 & 150/70 R18. Pengeremannya menggunakan Brembo cakram ganda 320 mm di depan dan satu cakram 260 mm di belakang.
CFMoto memasang tangki bahan bakar 1000MT-X berkapasitas 22,5 liter, memungkinkan jangkauan perjalanan yang jauh, CFMoto mengklaim lebih dari 450 km dalam kondisi standar. Dengan mesin mendekati 1.000 cc dan fitur melimpah, 1000MT-X siap menantang pemain mapan di segmen adventure touring kelas atas, Motor ini bisa menjadi pilihan “value-adventure” dibanding merek premium, terutama untuk penggemar touring dengan dana lebih terbatas namun tetap menginginkan fitur lengkap.
Di Eropa, motor ini diperkirakan akan dijual di kisaran Rp 235 jutaan. Bakal masuk Indonesia enggak ya kira-kira? Maklum saja distributor resmi CFMoto sudah resmi hadir di Indonesia, menarik nih untuk ditunggu jika motor bakal meramaikan pasar motor adventure tanah air.
Spesifikasi
Engine
Type: 946cc, DOHC, liquid-cooled, parallel-twin
Max Power: 111.3 hp @ 8,500 rpm
Max Torque: 105 Nm (77.4 lb-ft) @ 6,250 rpm
Fuel System: Electronic Fuel Injection (EFI)
Transmission: 6-speed with slipper clutch
Chassis and Suspension
Frame: Tubular steel
Front Suspension: 48mm KYB USD fork with 230mm travel
Rear Suspension: KYB monoshock with 190mm travel
Front Wheel: 21-inch spoke wheel
Rear Wheel: 18-inch spoke wheel
Tires: Pirelli Scorpion Rally STR
Brakes and Electronics
Front Brakes: Dual 320mm discs with Brembo 4-piston radial calipers and cornering ABS
Rear Brakes: Single 260mm disc with a Brembo 2-piston caliper and cornering ABS
ABS: Bosch cornering ABS
Traction Control: Bosch TCS (switchable)
Dimensions and Weight
Seat Height: 34.3 inches (or 32.7 inches in low position)
Wheelbase: 60.0 inches
Fuel Capacity: 22.5 liters (6.0 gallons)
Curb Weight: 222 kg (489 lbs)
Additional Features
Display: 8-inch curved TFT display
Connectivity: CFMOTO Ride app connectivity
Cruise Control: Included
Heated Grips and Seat: Standard
Tire Pressure Monitoring System (TPMS): Standard
Image credit : eicma.com