caption trialgame

Pabrikan Jepang Ini Pede Luncurkan Motor Trail Baru

Monday, 15 July 2024

Pabrikan Jepang Ini Pede Luncurkan Motor Trail Baru


Kendati pasar motor trail kurang diperhatikan oleh pabrikan asal Jepang, Yamaha, namun mereka percaya diri meluncurkan serangkaian model terbaru untuk model year 2025.  Tidak tanggung-tanggung, mereka merilis beberapa jenis motor trail seperti motorcross, cross-country, off-road, dan dual-sport. Tetapi model yang mengalami ubahan drastis adalah Yamaha YZ250FX 2025.

Model Yamaha cross-country YZ250FX 2025. Perubahan mengikuti model motorcross tahun lalu. YZ250FX itu disebutkan menampilkan daftar lengkap penyempurnaan yang dirancang untuk lebih meningkatkan kinerja dan kemampuan terdepan di kelasnya.

Mulai dari sasis beam yang diperbarui, penyesuaian suspensi yang diperbarui, dan ergonomi yang dipertimbangkan kembali. Sehingga, FX baru ini lebih ringan, lebih tajam, dan lebih lincah, dengan nuansa handling yang lebih baik dan lebih mumpuni untuk cross country.

Seperti perubahan pada rangka beam bilateral aluminium misalnya, yang telah didesain ulang sepenuhnya berdasarkan YZ250F, dirancang untuk menyeimbangkan kekuatan dan fleksibilitas, dan dikatakan dapat meningkatkan traksi roda depan.

Peningkatan asupan udara membuatnya lebih ramping 50mm. Dengan memindahkan intake port yang berada di depan model sebelumnya ke bawah shroud dan jok, shroud telah diperkecil sebesar 50 mm dan penutup airbox kini 15 mm lebih rendah dan ramping. Jalur masuk yang efisien juga diharapkan dapat meningkatkan performa mesin pada putaran menengah hingga tinggi.

Ubahan lainnya pengaturan daya melalui aplikasi. Aplikasi Power Tuner, yang mengakses ECU melalui Wi-Fi, juga telah ditingkatkan untuk kemudahan penggunaan. Dilengkapi dengan bilah penggeser “Penyetelan Sederhana” untuk pengaturan pemetaan mesin yang intuitif, penyetelan kontrol traksi dan peluncuran, pengatur waktu putaran, dan panduan penyetelan suspensi. Sistem kontrol traksi mencakup pembatas rpm yang dapat disetel dalam peningkatan 500 rpm antara 6.000 dan 14.000 rpm.

Terakhir pengaturan suspensi tanpa alat. Kenop pengatur manual memungkinkan redaman diatur tanpa alat, dan pengaturan suspensi telah direvisi untuk meningkatkan respons terhadap benturan dan mencapai performa menikung dan stabilitas kecepatan tinggi.

Nah penasaran kan, apakah model terbaru motor ini bakal masuk ke pasaran Indonesia? Mengingat Yamaha hanya sedikit sekali meluncurkan motor trail mereka di tanah air. Namun geliat pasar motor trail yang semakin bergairah, tentu menjadi pertimbangan sendiri bukan.

comments

`