caption trialgame

Pengaruh Cuaca Panas Pada Motor Trail

Wednesday, 16 October 2024

Pengaruh Cuaca Panas Pada Motor Trail


Ngerasa gak sih guys, akhir-akhir ini panasnya cuaca amat sangat bikin keringat bercucuran. Gak Cuma di siang hari aja, tingkat kelembaban yang tinggi, bikin udara malam terasa gerah juga lho. Sebagai negara yang mempunyai dua musim yakni penghujan dan kemarau, memperhatikan kendaraan di waktu-waktu tersebut merupakan hal penting. Selain bisa membuat motor tetap nyaman untuk digunakan, juga bisa membuatnya lebih awet. Jangan sampai lantaran malas melakukan perawatan, motor trail Anda  terpaksa pensiun dari jalanan. Atau ketika dikendarai malah ngadat ditengah jalanan, amit-amit ya sobat.

Nah, agar tidak merasakan hal-hal mengerikan itu, berikut beberapa cara sederhana merawat motor trail saat cuaca panas nih.  Kalau di saat peghujan motor harus rajin-rajin untuk dicuci, hal sebaliknya malah berlaku ketika menghadapi musim panas. Alasannya sih hampir sama, yakni agar body motor lebih awet. Maksudnya adalah jika terlalu sering terkena sabun dan air, kendaraan bisa cepat kusam. Jadi, ketika motor kalian berdebu akibat cuaca panas, cukup gunakan kemoceng dan lab basah saja.

Selain hal tersebut, meletakan kendaraan di posisi yang teduh juga jadi solusi dalam mengatasi hal ini.  Seperti telah banyak diketahui saat panas datang cuaca akan menjadi sangat terik, dan kondisi itu bisa mempengaruhi cat pada kendaraan. Pasalnya, radiasi sinar ultraviolet (UV) sangat berpotensi merusak lapisan cat, sehingga bisa menjadikan kendaraanmu akan memudar atau bahkan menguning.

Anda juga harus rajin mengecek komponen-komponen di dalam motor juga menjadi cara sederhana menjaga kendaraan tercinta saat musim panas datang. Hal ini bertujuan untuk menjaga performa tungganganmu tetap optimal. Salah satu komponen perlu mendapatkan perhatian saat musim ini adalah karburator.

Pasalnya, ketika kemarau suhu panas yang ada, membuat molekul oksigen mudah terurai. Sehingga lebih sulit untuk bercampur bersama dengan bahan bakar. Dengan menyeting ulang bagian itu akan membuat pembakaran di motormu akan lebih bagus. Tidak berhenti di situ saja, komponen filter udara dan saringan bahan bakar juga perlu diperhatikan untuk jadikan kendaraanmu semakin optimal saat hadapi musim kemarau.

Tips lain dalam merawat kendaraan ketika masuk musim panas adalah memastikan tekanan ban motor sudah sesuai standar. Seperti yang telah banyak kita ketahui, akibat suhu panas pada umumnya akan mempengaruhi tekanan angin dalam ban. Alhasil, kenyamanan dalam berkendara sangat mungkin terganggu, atau dampak paling parah menyebabkan ban bisa pecah karena kekurangan isi tapi tetap dipaksa digunakan.

Selain pada bagian roda, rantai juga perlu mendapatkan perhatian khusus ketika masuk musim kemarau. Hal ini bukanlah tanpa alasannya, pasalnya saat suhu udara tinggi, komponen penggerak tersebut mudah untuk mengiring. Akibatnya kinerja rantai akan berkurang dan tentunya mengeluarkan bunyi-bunyi. Sungguh hal tidak mengenakan bukan, motor sudah kece tapi mengelurakan suara yang tidak merdu sama sekali.

Seperti beberapa hal tadi, bagian oli pada kendaraan juga perlu diperhatikan saat menghadapi musim panas. Alasannya adalah, ketika musim panas volume pelumas mudah bekurang. Dampaknya, tentu langsung bisa ditebak yaitu mempengaruhi performa dan tarikan kendaraan. Maka dari itu, pemilihan oli yang cocok untuk hadapi musim ini sangatlah penting dalam kasus tersebut

 

Di mana kalian perlu memilih pelumas yang kandungan SEA-nya lebih kental. Hal ini lantaran oli jenis tersebut dapat meminimalisir penguapan. Oli dengan kekentalan yang tinggi kabarnya juga cocok digunakan untuk segala jenis motor.

comments

`