caption trialgame

Penting Lakukan Ini Agar Trabasan Lebih Asyik Ya

Monday, 1 July 2024

Penting Lakukan Ini Agar Trabasan Lebih Asyik Ya


Bagi penggila motor trail, tentu tidak ada yang bisa menggantikan kenikmatan saat trabasan. Semua ini bisa terjadi selama motor trail dalam keadaan prima, ini kenapa penting untuk tahu benar apa saja perawatan motor trail yang tepat supaya kondisinya siap diajak ‘bertempur’ setiap saat.

Masih banyak lho pemilik mtoro trail yang beranggapan bahwa maintenance hanya diperlukan supaya motor tidak mogok saja. Nyatanya, proses ini wajib dilakukan untuk memastikan kondisi motor trail siap dikendarai, dan mengurangi berbagai risiko yang bisa membahayakan keselamatan berkendara.

Perawatan motor trail tidak cuma dilakukan setelah trabasan selesai saja, tapi lebih penting sebelum agenda ini dilakukan. Pasalnya, ketika Anda trabasan, motor trail akan disiksa oleh medan yang berat dan hal inilah yang  menuntut motor trail berada pada performa terbaik hampir sepanjang waktu.

Lalu apa saja sih yang bisa Anda lakukan untuk urusan perawatan motor  trail sebelum berangkat trabasan? Yang pertama sih tentu saj adalah servis berkala ya. Servis rutin adalah langkah penting dalam menjaga performa motor trail agar tetap optimal. Dengan servis ini, Anda bisa memastikan bahwa motor beroperasi dengan baik dan terjaga kondisi suku cadangnya.

Beberapa bagian yang akan dicek antara lain adalah oli mesin, pengecekan busi dan pengapian, pengecekan tekanan ban, kondisi bagian dalam mesin, seal yang ada di dalam mesin, hingga kelistrikan dan fungsi fitur yang ada di dalamnya.

Untuk rekomendasinya sendiri sebenarnya akan cukup subjektif. Tidak sedikit bengkel resmi yang benar-benar memberikan layanan terbaik dengan orientasi kepuasan pelanggannya, sementara bengkel umum juga tidak bisa disepelekan karena terkadang punya tips dan trik tersendiri untuk menyiasati banyak hal tanpa mengorbankan faktor keamanan dan keselamatan berkendara.

Selain melakukan servis di bengkel, sebenarnya Anda juga bisa melakukan metode cek mandiri di rumah. Dalam prosesnya, setidaknya ada tujuh poin yang wajib dilakukan. Yang pertama adalah cek sistem kelistrikan, bisa dilakukan pada lampu utama, lampu rem, indikator di dashboard motor, klakson, dan sebagainya.

Kemudian cek ketinggian oli mesin, dengan membuka tutup tempat pengisian oli mesin dan pastikan masih dalam batas yang direkomendasikan. Pastikan juga cek kebocoran oli dan pastikan tidak terjadi. Oli yang bocor akan merembes di sekitar mesin atau bagian suspensi.

Cek sistem pengereman, pastikan kampas rem masih cukup tebal dan minyak rem masih berada dalam jumlah yang ideal. Oh iya cek cek kondisi ban motor, terkait tekanan udara di dalamnya dan ketebalan dari ulir ban motor. Jika memang sudah tidak terlalu tampak, jangan ragu menggantinya.

Pastikan kebersihan motor agar tampak segar dan tidak ada kotoran yang sampai masuk ke bagian mesin dan panaskan secara rutin untuk membantu menjaga kinerja mesin tetap prima

Beberapa poin sederhana di atas bisa dilakukan dengan mudah. Tapi jika kira-kira muncul masalah ketika pengecekan dan Anda tidak tahu pasti apa yang harus dilakukan, jangan ragu membawanya ke bengkel kepercayaan. Salah satu indikator motor bermasalah adalah munculnya suara lain di luar suara mesin dan terdengar aneh ketika motor dipanasi atau dikendarai. Cek segera agar kerusakan bisa lekas diatasi ya

Sedangkan untuk persiapan sebelum trabasan sendiri akan lebih detail dan mendalam. Cukup banyak variabel yang wajib diperiksa, dan mungkin sebaiknya Andda  pergi ke bengkel kepercayaanmu untuk mengkonsultasikan hal ini. Tapi biasanya ada beberapa komponen yang harus diperiksa secara teliti.

Seperti karburator atau injektor, komstir, sistem penerangan, klep, busi, filter oli, rantai atau gear,filter udara, sistem pengereman, kabel gas dan kopling serta aki. Anda juga perlu melakukan penyesuaian pada suspensi motor ketika membawa barang yang cukup banyak. Terlebih jika motor dipasangkan box atau tas motor, yang ditujukan untuk bisa membawa perbekalan atau peralatan yang diperlukan. Beban yang bertambah artinya mesin motor harus bekerja lebih keras, dan penyesuaian pada bagian suspensi hingga jenis ban yang dipakai akan sangat terasa demi perjalanan aman dan nyaman.

comments

`