Dalam dunia otomotif, dinamo starter adalah salah satu komponen penting yang sering kali tidak diperhatikan, padahal fungsinya sangat vital untuk menghidupkan mesin kendaraan. Tanpa dinamo starter, motor trail Anda tidak akan bisa menyala meskipun bahan bakar dan sistem pengapian dalam kondisi baik.
Dinamo starter, atau sering disebut starter motor, adalah motor listrik yang berfungsi untuk memutar poros engkol mesin (crankshaft) sehingga mesin dapat mulai bekerja secara mandiri. Pada dasarnya, dinamo starter mengubah energi listrik dari aki menjadi energi mekanik berupa putaran. Energi putaran ini digunakan untuk menggerakkan piston hingga terjadi proses pembakaran di ruang mesin.
Tanpa bantuan dinamo starter, pengemudi harus menggunakan tenaga manual untuk memutar mesin (seperti kendaraan zaman dahulu yang memakai engkol tangan). Kehadiran dinamo starter mempermudah proses menyalakan mesin hanya dengan memutar kunci kontak atau menekan tombol start.
Fungsi utama dinamo starter adalah menghidupkan mesin kendaraan. Namun selain itu masih ada beberapa fungsi penting lainny, seperti mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Dinamo starter menerima arus listrik dari aki dan mengubahnya menjadi tenaga putar yang cukup besar untuk menggerakkan poros engkol. Energi mekanik ini nantinya digunakan untuk menggerakkan mesin kendaraan.
Komponen ini juga lah yang menggerakan flywheel. Starter motor memutar flywheel yang terhubung dengan poros engkol. Dari sini, piston mulai bergerak naik turun sehingga proses pembakaran bisa terjadi. Dinamo starter juga menjamin mesin menyala dengan cepat. Dengan bantuan starter, mesin bisa menyala hanya dalam hitungan detik. Hal ini sangat penting untuk kenyamanan dan efisiensi kendaraan modern. Dan dinamo starter memberikan putaran awal mesin yang stabil. Starter motor dirancang agar memberikan torsi besar pada awalnya, sehingga mesin bisa menyala meskipun berada pada kondisi dingin.
Dinamo starter bisa mengalami kerusakan akibat usia pakai atau kurangnya perawatan. Berikut beberapa tanda yang sering muncul. Yang pertama adalah mesin susah dihidupkan meskipun aki dalam kondisi baik. Kemudian adanya bunyi klik berulang saat kunci kontak diputar, menandakan solenoid bekerja tapi dinamo tidak berputar. Adanya bunyi kasar atau berdecit saat mesin distarter, biasanya disebabkan gigi pinion aus. Dan yang terakhir adalah tidak ada respon sama sekali saat distarter, bisa jadi brush aus atau armature terbakar. Jika gejala ini muncul, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan di bengkel kepercayaan Anda.
Image credit : moladin.com