Perbaikan Pada Footstep Motor Trail Kendor
Perbaikan Pada Footstep Motor Trail Kendor
Pada umumnya, Footstep motor terbuat dari material besi yang kemudian dibungkus atau dilapisi karet dengan grip agar tidak licin saat diinjak. Selain itu, ada pula yang bahannya dari aluminium dengan beberapa keunggulan yaitu lebih kuat, ringan, dan terlihat lebih modern dan mewah.
Pada footstep bagian belakang yang kerap digunakan namun tidak dirawat dengan baik lambat laun akan mengalami masalah, diantaranya adalah menjadi los dan kendor. Saat ini terjadi, penumpang akan merasa tidak nyaman selama dalam perjalanan.
Sebab, posisi dudukannya akan lebih miring sehingga kaki tidak bisa berpijak dengan nyaman. Bahkan saat akan dinaikkan ke posisi awal, komponen ini akan kembali turun setiap kali terkena getaran atau saat motor bergerak. Untuk menangani setiap kendala pada pijakan motor tersebut, Anda perlu menelaah lebih lanjut agar mendapatkan solusi yang terbaik. Simak penjelasannya yuk.
Hal pertama yang harus diperhatikan ketika pijakan kaki pada motor los dan kendor adalah mengecek baut pengunci, apakah longgar atau terpasang dengan baik. Apabila longgar, sebaiknya segera kencangkan batu pengunci tersebut.
Untuk masalah footstep belakang yang kendor biasanya terjadi akibat gesekan antara pelat besi komponen ini dengan dudukannya yang terbuat dari karet. Alhasil, dudukan dari karet tersebut akan semakin terkikis. Akibatnya, footstep motor tidak akan bisa mengunci, entah itu dalam kondisi tertutup maupun terbuka. Bahkan, komponen ini akan langsung terbuka ketika ada sedikit saja getaran dari motor.
Meskipun demikian, jangan langsung menggantinya dengan footstep baru. Sebab, untuk masalah ini masih bisa diperbaiki hanya dengan menggunakan karet bekas ban dalam. Caranya adalah dengan memotong karet bekas ban dalam yang ukurannya disesuaikan dengan lebar karet footstep yang telah aus. Kemudian, lepaskan pin pengunci dan batang as yang terhubung dengan pijakan footstep.
Setelah itu, ganjal bagian ujung dudukan footstep yang aus dengan karet bekas ban dalam. Terakhir, Anda bisa menambahkan (memasang) ring besi pada ujung pijakan antara footstep dengan plat besi. Tujuannya adalah untuk meredam getaran sekaligus agar tempat pijakan kaki tidak turun atau los saat motor bergerak.
Masalah ketiga adalah bagian pen footstep yang aus. Anda bisa mengganti bagian ini dengan menggunakan baut dynabolt karena strukturnya yang lebih bagus dan kuat dibandingkan dengan pen footstep. Baut dynabolt yang permukaannya halus akan menggantikan fungsi pen. Sedangkan bagian yang berulir berfungsi untuk mengencangkan footstep sehingga bagian ini akan mengunci atau tidak ikut berputar ketika dinaik/turunkan.
Jangan lupa, potong terlebih dahulu baut dynabolt sebelum dipasang dan sesuaikan ukurannya dengan panjang pen pijakan motor. Apabila baut tersebut dipasang tanpa dipotong, maka selain terlihat tidak rapi, selisih panjangnya juga bisa membuat kaki penumpang tergores atau lecet.
Masalah berikutnya adalah bagian engsel Footstep motor los karena lubang pen yang sudah tidak berbentuk lingkaran. Ini terjadi akibat gesekan antara pen dengan bagian lubang tersebut yang terjadi secara berulang sehingga membuat lubang semakin lebar. Kondisi ini membuat footstep mudah turun ketika dipijak karena pen akan bergetar ketika motor melaju. Ada cara mudah untuk mengatasi masalah ini yaitu Anda bisa mengganjalnya dengan kayu.
Namun sebelum itu, buat potongan seukuran dengan lubang dudukan yang longgar tersebut. Kemudian, kayu yang telah dipotong dimasukkan ke bagian lubang pijakan lalu bor agar terbentuk lubang seukuran baut dynabolt. Tidak perlu cemas apabila setelah diganjal dengan kayu tapi footstep menjadi lebih miring ke atas (tidak bisa lurus). Anda bisa memperbaikinya dengan sedikit mengamplas permukaan kayu agar posisi pijakan kaki bisa terlihat lurus. Sebagai informasi, bahan kayu juga bisa diganti dengan karet dari ban dalam truk yang keras atau ban luar mobil yang dipotong seukuran batang footstep.
Ada kalanya setelah dilakukan perbaikan mulai dari menambahkan ban dalam, mengganti pen, hingga mengisi lubang footstep dengan kayu, tetap saja pijakan ini akan miring atau turun ketika diinjak. Untuk mengatasinya bisa dengan menambahkan baut tanpa perlu mengamplas kayu yang telah dimasukkan ke lubang footstep.
Baut tersebut berfungsi sebagai adjuster naik turunnya footstep. Cara mengaplikasikannya adalah dengan memasukkan baut tersebut di tengah-tengah kayu. Kemudian, olesi bagian kayunya dengan lem G dengan tujuan untuk memperkuat pori-pori kayu. Agar semakin kuat, Anda juga bisa mengolesi lubang untuk pen dengan lem G.
Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi footstep yang los dan kendor. Untuk perawatan, sebaiknya lumasi bagian pengunci atau pen dengan oli, baik oli baru maupun bekas. Dengan demikian, pijakan kaki tidak akan kaku, macet, los, atau bahkan kendor. Nah selamat mencoba ya.
comments
`