caption trialgame

Perbandingan Dua Motor Trail Off The Road

Tuesday, 12 September 2023

Perbandingan Dua Motor Trail Off The Road


Informasi seputar harga kendaraan bermotor biasanya disampaikan atas dua jenis, yakni on the road (OTR) dan off the road. Istilah ini digunakan untuk menginformasikan calon pembeli tentang status mobil atau sepeda motor yang ingin dibeli. Kendaraan yang sudah dirakit di Indonesia atau umum (populasinya sudah banyak), kebanyakan agen pemegang merek (APM) biasanya langsung menyampaikan harga OTR. Maksudnya, penetapan harga yang diberikan pada kendaraan sudah beserta biaya pengurusan kelengkapan surat-surat seperti Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) dan Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK), termasuk pajaknya.

Dalam kasus ini, maka pembeli tidak akan lagi dibebankan dengan proses dan biaya pengurusan dokumen jalan kendaraan bermotor, karena sudah ditangani oleh pihak ke tiga atau diler terkait. Sementara harga off the road, itu merujuk pada nilai jual dari kendaraan itu sendiri tanpa adanya biaya pengurusan laik jalan seperti kelengkapan dokumen dan pajak.

Nah biasanya jika kendaraan akan digunakan untuk kegiatan harian, maka para pembeli gak mau repot mereka sudah pasti langsung memilih harga OTR. Berbeda tapi jika Anda membeli motor trail, ada pilihan off the road buat yang hanya ingin menggunakan motor trail di lintasan trabasan.

Biasanya motor trail yang dijual dengan harga off the road ini memang tidak memiliki kelengkpakan street legal, jadi penggunaannya terbatas seperti di lintasana balap atau lintasan offroad saja. Nah melalui artikel ini, kami coba beberkan beberapa motor trail dengan cc mesin yang tidak terlalu besar yang bisa menjadi pertimbangan Anda, jika Anda berencana membeli motor trail off the road. Simak ulasannya ya.

Yang pertama adalah Kawasaki KLX140R F. Kuda besi ini menjadi primadona di kalangan pecinta off-road. Ia punya bobot lebih ringan 20 kg dari KLX reguler. Beratnya cuma 99 kg. Faktor itu didukung dari pelek dan swing arm yang dibuat dari bahan alumunium. Menariknya, komponen itu bisa digunakan pada KLX series lain.

Secara tampilan, dia mengacu pada motocross tulen. Tanpa dilengkapi alat kelengkapan lalu lintas, headlampnya cuman ditutup cover tipis layaknya Kawasaki KX series. Tidak ada lampu sein, kaca spion maupun dudukan pelat nomor. Bagian dasbor ataupun setang tidak disediakan speedometer.

Basis mesinnya mirip dengan KLX150 yakni mesin 144 cc, SOHC, 2-valve, berpendingin udara dengan sistem pengapian DC-CDI. Ukuran diameter x Langkahnya (58 mm x 54,4 mm) dengan perbandingan Kompresi 9.5:1. Ia bisa menghasilkan power maksimum 11 Hp pada 8.000 rpm dan torsi maksimum 12 Nm di putaran 6.000 rpm. Untuk tipe ini tidak menggunakan karburator Mikuni melainkan Keihin PB20. Tenaganya itu disalurkan ke roda belakang via transmisi manual 5 percepatan.

Untuk suspensi masih seperti pendahulunya, menggunakan teleskopik berdiameter 33 mm di depan dengan rubber boot cover dan monoshock unit-rak dengan tabung reservoir di belakang. Bisa disetting preload, compression dan reboundnya. Sedang rodanya lebih dewasa dari KLX150, yakni pakai 21 inci di depan dan 18 inci belakang.

Dan yang kedua adalah Yamaha YZ125X. Motor trail ini dilengkapi dengan mesin 125 cc dan dikhususkan sebagai motor yang digunakan untuk ajang perlombaan. Desainnya terlihat agresif untuk menunjukkan identitasnya sebagai sepeda motor trail yang tangguh. Mengadopsi jok datar dan tangki bensin kecil, memberikan pengalaman berkendara yang lebih baik. Dengan bentuk ringkas, pengendara bisa dengan cepat mengubah posisi duduk dan meningkatkan kendali motor.

Dilengkapi dengan pelindung pada spakbor depan dan rem belakang. Dilengkapi dengan handlebar alumunium, jenis footstep YZ-F series, dan posisi kursi ergonomis yang membantu mempermudah menghadapi berbagai medan.

Motor ini juga memiliki rangka yang sangat ringan, kombinasi aluminium yang dicetak dan dibentuk dengan tepat sehingga siap digunakan di berbagai medan. Didukung oleh suspensi depan KYB spring-type fork with speed sensitive damping; fully adjustable, dan suspensi belakang KYB single shock.

Punya modal special engine 2-stroke berkapasitas 125 cc dengan pendinginan cairan dan dilengkapi dengan reed-valve inducted. Fitur dari mesinnya disebut Yamaha Power Valve System (YPVS) yang menghasilkan performa mesin agresif pada RPM tinggi, terutama pada saat mencapai kecepatan maksimum. Sistem YPVS aktif ketika putaran mesin mencapai 8.500 rpm - 9.000 rpm dan meningkatkan kompresi bahan bakar. Dikawinkan dengan transmisi 6 percepatan dan mode multiplate wet clutch, memastikan perpindahan gigi yang halus dan mudah dikendalikan.

 

comments

`