Ban yang melekat pada motor trail Anda biasanya adalah komponen yang paling belakangan diganti. Gak percaya? alasan utamanya biasanya karena mengganti ban cukup membuat saldo bank Anda berkurang cukup drastis nih. Gak heran jika kemudian banyak pengguna motor trail yang bertahun-tahun tidak mengganti ban mereka. Padahal ban yang sudah tua cenderung tidak memiliki kemampuan untuk mencengkram sehingga bisa dengan cepat membuat anda tersungkur dilintasan.
Jadi kapan saat yang tepat untuk mengganti ban motor trail Anda? Ada beberapa tanda bahwa ban motor harus segera diganti, diantaranya bahkan bisa terlihat dengan mudah seperti kondisi kembang di ban yang hilang atau rusak. Kondisi kembang ban yang sudah tumpul juga menjadi pertanda bahwa sudah saatnya membeli ban baru.
Kembang yang tumpul memiliki arti bahwa ban tersebut sudah kehilangan gigitan daya cengkram pada permukaan. Kendati biasanya kondisi kembang tumpul hanya pada beberapa bagian ban saja, namun hal ini berpengaruh saat anda melakukan akselerasi, dan jangan kaget jika kemudian Anda kehilangan kendali motor.
Perubahan warna ban yang terlihat abu-abu ketimbang hitam menandakan bahwa ban tidak disimpan dengan benar dan biasanya akan diikuti oleh kondisi fisik ban yang mulai retak. Jika ban motor Anda masuk ke dalam salah satu kategori yang kami sebutkan, segera ganti ban tersebut untuk mendapatkan performa yang lebih baik.
Periksalah apakah kondisi karet pada ban anda keras atau tidak. Ban tersebut bisa terlihat hitam mengkilat dan sempurna, namun karena proses penyimpanan atau memang bahan baku ban yang tidak bagus, kondisi karet ban bisa mengeras dengan sendiri. Hal ini tentu tidak akan membuat Anda nyaman saat menunggangi trail, terlebih lagi ban dengan kondisi ini amat sangat tidak aman untuk digunakan. Simpan trail anda ditempat yang teduh, jangan langsung terkena matahari. Ekspos langsung dari ultraviolet bisa mempengaruhi kondisi karet ban trail.
Jika Anda harus mengganti ban, lebih baik menggantinya sekaligus. Jangan mempertimbangkan bahwa ban depan masih terlihat bagus. Sudah pasti ban belakang memiliki kondisi yang tidak bagus karena merupakaan tumpuan dari putaran mesin. Mengganti ban depan dan belakang secara bersamaan akan membuat performa trail terasa lebih baik dibandingkan mengganti satu ban saja. Untuk membuat ban lebih awet, pastikan selalu menggunakan tekanan udara yang sesuai dengan kebutuhan.
image credit : dirtfirstracing.com