caption trialgame

Perlukah Mengupgrade Busi Motor Trail?

Monday, 24 June 2024

Perlukah Mengupgrade Busi Motor Trail?


Busi memiliki peran penting sebagai salah satu alat untuk menghidupkan motor trail Anda. Komponen ini bertugas menghasilkan percikan api yang diperlukan untuk membakar campuran udara dan bahan bakar di ruang bakar.Ada tiga elemen utama agar kendaraan mesin bensin dapat berjalan dengan baik. Pertama yaitu campuran dari kualitas bahan bakar dan rasio udara, kompresi serta percikan api yang dihasilkan dari busi. Jika ketiganya terpenuhi, hasilnya performa mesin jadi optimal.

Seperti kita ketahui, beberapa pabrikan motor menggunakan busi dengan elektroda yang terbuat dari Nickel sebagai peranti standarnya. Namun bagi yang ingin performa mesin jadi lebih optimal lagi, bisa mengganti atau upgrade busi standar ke level yang lebih tinggi. Beberapa fitur yang menjadi pembeda antara lain bentuk Ground Electrode, Central Electrode dan pemilihan material Logam Mulia pada masing-masing lini produk.

Untuk pengguna motor harian tapi mau upgrade ke busi yang lebih baik, bisa beralih menggunakan busi yang central electrode-nya berbeda dengan busi standard, misalnya yang terbuat dari bahan platinum. Biasa jika mengupgrade busi maka ukuran central electrode lebih kecil dari busi standard yang berdiameter 2.0 mm. Kemudian ground electrode berbentuk trapesium yang berfungsi untuk mengurangi hambatan percikan api sehingga pembesaran inti api lebih cepat dan terfokus.Karena punya spesifikasi lebih tinggi dari busi OEM, Anda bisa merasakan beberapa keuntungan. Antara lain pengapian lebih optimal, efisiensi bahan bakar meningkat dan masa pakai yang lebih lama.


Nah jika Anda belum merasa puas dengan busi platinum, Anda juga bisa mencoba jenis busi Iridium. Ada beberapa keunggulan yang bisa dirasakan bila pakai busi Iridium. Karena center electrode atau elektrode pusat busi tipe Iridium dibuat lebih pipih, maka percikan api yang dihasilkan konsisten, fokus di satu titik, stabil dan lebih besar. Hasilnya proses pembakaran lebih optimal yang memberikan efek mesin motor jadi lebih responsif.Busi iridium juga lebih tahan terhadap kompresi dan panas mesin yang tinggi. Hal itu membuat usia pakai busi jadi lebih panjang.

Namun sebelum upgrade busi, pastikan bahwa mesin motor trail Anda tidak memiliki masalah ya. Penggunaan busi aftermarket harus didukung dengan kualitas mesin dan komponen lainnya. Selain itu, minimal kalau mau pakai tipe iridium dan ingin merasakan efeknya, gunakan bahan bakar berkualitas. Nah penasaran gak mau coba?

comments

`