Rawat Tromol Dengan Maksimal!

Rawat Tromol Dengan Maksimal!
Rem adalah peranti yang berfungsi untuk memperlambat hingga memberhentikan kendaraan. Terdapat dua sistem pengereman sesuai dengan konstruksi dan kegunaan pada kendaraan, yaitu tipe rem hidrolik (rem cakram) dan rem mekanis (rem tromol). Masing-masing memiliki fungsi yang sama, hanya beda dari sisi mekanis saja.
Biasanya para penggemar motor trail yang sering trabasan, lebih menggemari rem tromol karena posisi kampas rem yang terlindungi di dalam tromol, membuatnya lebih aman saat menghajar beragam jenis lintasan.
Pengoperasian rem tromol sendiri menggunakan sistem mekanis dengan seling/kawat rem yang dihubungkan ke handle rem. Jadi untuk melakukan perawatan rem tromol berbeda dengan sistem hidrolik. Kondisi rem tromol yang bagus dan terawat tentunya sangat membantu pengguna motor trail dalam beragam aktivitasnya jadi Anda harus melakukan perawatan rutin pada rem tromol ya.
Hal pertama dalam perawatan rem tromol, tentu harus memahami cara membersihkannya. Untuk penerapannya sendiri agak rumit. Sehingga, disarankan untuk meminta bantuan kepada mekanik supaya bisa menerapkan pembersihan rem tromol. Karena perlu membuka as roda dan beberapa baut yang saling terhubung pada bagian tutup tromolnya.
Setelah itu, saat roda sudah terbuka tampak kampas rem dan tromol yang berdebu pekat, lengket dan menempel. Lebih lanjut bersihkan dengan menggunakan kuas dan air sabun agar debu yang menempel menjadi hilang. Bila perlu, bersihkan juga kampas rem dengan menggunakan sikat kawat/amplas kasar, hal ini ditujukan supaya permukaannya menjadi kasar yang bisa memicu jepitan kampas rem ke tromol menjadi lebih pakem.
Selanjutnya adalah selalu memeriksa mekanisme kerja handle rem, kabel dan tuas rem. Jika kondisi gerak bebas handle rem terlalu jauh atau di luar spesifikasi saat pengereman, segera lakukan penyetelan dengan memutar mur pada tuas rem di tromol.
Selanjutnya, melakukan pemeriksaan pada ukuran ketebalan kampas rem dengan melihat tanda indikator keausan rem “?” (segitiga) pada tangkai rem di tutup tromol. Jika memang ketebalan kampas rem sudah di luar ketentuan atau sudah mulai menipis, maka harus mengganti kampas remnya. Saat menggantinya pun, perlu menggunakan satu set rem secara lengkap.
comments
`