Temukan Letak Kebocoran Oli Motor Trail Anda
Kegembiraan mengendarai motor trail, berubah menjadi kecemasan saat Anda menemukan tetesan oli di lantai garasi rumah. Anda harus segera menemukan asal dari kebocoran itu dan jika genangan oli di lantai garasi Anda, terhitung kecil maka dapat dikatakan bahwa tingkat kebocorannya masih kecil dan baru. Namun jika genangan oli tersebut besar, maka dapat dipastikan bahwa Anda tidak memperhatikan motor trail.
Kebocoran oli biasanya terjadi karena perawatan yang tidak sempurna. Tapi hal ini juga terkadang disebabkan adanya komponen yang sudah lewat masa edarnya. Penggantian oli secara berkala memang bisa mencegah hal ini, tapi cepat atau lambat, seal penutup oli akan kehilangan dayanya sehingga menyebabkan terjadinya kebocoran.
Kebocoran oli bisa terjadi di beberapa bagian motor, tapi biasanya yang pertama kali Anda periksa adalah bagian crankcase mesin dan komponen gasket yang sudah termakan usia. Sebelum melakukan hal lain, bersihkan terlebih dahulu bekas oli di motor trail dan lantai garasi Anda, dan setelah dibersihkan maka bisa dilakukan pengecakan pada bagian-bagian yang dicurigai terdapat kebocoran.
Tempat bocornya oli biasa terjadi di bagian belakang sprocket depan. Bagian ini rentan terhadap kotoran, pemakaian dan mudah rusak, maklum saja karena sprocket biasanya berputar kencang saat mesin bekerja. Tak heran jika seal bagian ini rentan pada kerusakan dan memerlukan penggantian yang lebih sering dibandingkan bagian lainnya.
Memeriksa bagian ini juga tidak terlalu sulit, Anda hanya perlu membuka penutup, serta mengangkat spocket dan rantai, sehingga bisa terlihat bagian seal-nya. Bersihkan bagian ini dari seluruh debu dan kotoran yang menempel serta kembalikan semua komponen dalam posisi semua. Jika dalam beberapa jam tidak terjadi kebocoran maka tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan.
Namun jika ternyata bagian tersebut bersih tanpa ada bekas oli di dalamnya, tampaknya Anda harus terus mencari lebih lanjut lagi. Bagian berikutnya yang perlu diperiksa adalah seal di perseneling motor trail. Seal bagian ini juga mudah rusak, mengingat seringnya Anda mengganti perseneling saat menungganginya. Dan jika misteri masih belum bisa ditemukan, lanjutkan pemeriksaan pada penutup filter oli dan penutup atas bagian mesin, serta penutup oli dibagian bawah mesin.
Hampir 99% kejadian oli bocor bisa ditangani jika Anda teliti memeriksa bagian bagian yang sudah kami sebutkan di atas. Artikel ini hanya membantu Anda menemukan bagian motor yang terdapat kebocoran oli, untuk membetulkannya membutuhkan bahasan yang lebih mendetail lagi. Jadi tunggu di artikel kami berikutnya ya.
comments
`