TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME

0

Loading ...

Tepis Ketakutan Turun Mesin Motor Trail

Teknis Kendaraan 08.08.2023

Tepis Ketakutan Turun Mesin Motor Trail


Hal yang paling ditakutkan oleh para pemilik motor adalah saat montir langganan Anda mengatakan bahwa motor Anda harus turun mesin. Biasanya langsung terbayang besarnya ongkos yang bakal dikeluarkan, belum lagi lamanya proses pengerjaan dan hal ini biasanya diikuti dengan keingan untuk menjual motor yang harus turun mesin.

Tapi tahukah Anda ternyata motor trail tidak hanya dirawat dengan mengandalkan servis rutin, namun Anda juga harus melakukan servis besar.  Rutinitas melakukan servis ringan, tidak menjamin kondisi motor akan sehat-sehat saja. Apalagi jika Anda sering menggunakan motor trail Anda untuk kegiatan sehari-sehari dan menggebernya di medan offroad saat akhir pekan.

Ada faktor lain lho ternyata yang mesti bisa menyebabkan mesin motor mengalami gangguan. Oleh karena itu, servis besar atau turun mesin ternyata perlu dilakukan. Banyak pengguna motor trail  yang masih menyepelekan keuntungan dari melakukan servis besar. Padahal, servis besar membantu mesin motor Anda untuk kembali ke performa awalnya. Nah jadi harusnya Anda gak perlu takut sih dengan kata turun mesin.

Servis besar sendiri merupakan perawatan yang mengharuskan mesin motor Anda dibongkar. Ada pembersihan ruang bakar, penggantian oli mesin, serta banyak penyetelan ulang mesin. Hal ini perlu dilakukan karena pada jarak tertentu ruang bakar mesin Anda pasti memiliki kerak yang menggangu proses pembakaran. Pada servis macam ini, umumnya mekanik akan mengecek seluruh komponen mesin Anda.

Tidak hanya melakukan pembersihan dan pengecekan, melainkan pergantian komponen yang dirasa sudah tidak menunjukan performa terbaiknya. Biasanya, langkah ini dilakukan bagi Anda yang jarang melakukan servis ringan.

Kapan sih waktu terbaik untuk turun mesin? Setiap mesin motor trail memiliki karakteristik masing-masing. Hal tersebut juga tergantung dengan berapa seringnya Anda menggunakannya. Ada yang harus melakukan servis besar setiap 30 ribu km, 15 ribu km, ataupun dua tahun sekali. Intinya, jika Anda menggunakan motor trail secara sembarangan dan merasa kondisi motor tidak dalam performa terbaiknya, sebaiknya harus segera melakukan servis besar.

Sebagai pengendara motor, Anda harus bisa merasakan kerusakan mesin Anda. Biasanya, jika mesin motor Anda bunyi di atas tiga ribu rpm, itu menandakan bahwa Anda harus segera melakukan servis besar. Sebenarnya, servis ini juga harus dilakukan secara berkala sesuai yang tertera di buku manual motor Anda.

Pengerjaan service besar juga lumayan membutuhkan banyak waktu. Mekanik akan menyesuaikan waktu tergantung dengan kondisi mesin motor. Ada yang membutuhkan waktu selama satu hari, namun tak jarang menghabiskan waktu hingga tiga hari. Rasanya setelah membaca ulasan kami, turun mesin bukanlah momok yang menakutkan ya.

 

Berita terkait

News
Teknis Kendaraan 19.05.25

Ya Elah Kopling Motor Trail..

Ya Elah Kopling Motor Trail Kok Berat Amat Ya Tidak semua orang mau merawat motor trail mereka nih. Kendati hampir...

News
Teknis Kendaraan 19.05.25

Pentingnya Jaga Kebersihan Tangki Bahan..

Pentingnya Jaga Kebersihan Tangki Bahan Bakar untuk mendapatkan performa optimal, serta memperpanjang usia komponen motor trail Anda, perawatan berkala penting...

News
Teknis Kendaraan 19.05.25

Kupas Habis Helm Supermoto

Kupas Habis Helm Supermoto Salah satu jenis modifikasi motor trail yang paling digemari adalah supermoto. Yup, ngomongin supermoto, yang terlintas...