TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME

0

Loading ...

Ternyata Dia Biang Keladi Motor Mogok Saat Hujan!

Teknis Kendaraan 11.11.2025

Ketika menghadapi musim hujan, motor trail Anda dituntut dalam kondisi prima, baik itu pengguna harian atau saat trabasan. Maklum saja saat hujan, kinerja mesin maupun sejumlah komponennya jadi bekerja ekstra. Biasanya kondisi motor yang mati mendadak itu disebabkan oleh komponen motor yang basah. Oleh karena itu, ada sejumlah komponen yang wajib untuk dicek untuk mengantisipasi motor mati di tengah jalan saat hujan deras melanda. Tapi aktor utamanya biasanya adalah cop atau kepala busi yang basah.

Busi dapat mengakibatkan motor mati saat hujan. Pengapian yang tidak sempurna dapat mengakibatkan motor mati saat hujan. Komponen pertama yang kamu harus perhatikan ketika motor mati saat hujan adalah kepala busi atau cop busi. Karena cop busi merupakan komponen yang terletak di ujung atas busi.

Fungsi cop busi sebagai penutup atau pelindung busi yang menghindarkannya dari debu sekaligus tempat menyalurkan listrik tegangan tinggi dari percikan api (ignition coil). Ketika menghadapi hujan, jika kepala busi kalian sudah getas alias rapuh, maka air bisa masuk ke dalam busi dan mengganggu percikan api dari busi. Dampaknya membuat motor trail kalian bisa mati mendadak.

Apabila kondisi motor terparkir dan terkena hujan, bisa mengakibatkan motor kehujanan susah hidup. Percikan api dari busi merupakan elemen penting supaya ada pembakaran dalam mesin. Kalau kepala busi motor kamu memang sudah tidak bagus, satu-satunya cara adalah mengganti kepala busi motor kalian dengan yang baru.

Nah, yang pasti gantinya dengan cop busi yang original ya, jangan yang asal murah saja. Mengingat jika kepala busi motor kamu KW atau lansiran aftermarket, ditakutkan nanti tidak sesuai dengan spesifikasi motor yang kamu punya. Saran kami, juga kamu bisa membeli busi yang baik juga.

Selain itu, kamu juga bisa memilih kepala busi yang menutup penuh bagian busi untuk menghalangi masuknya air. Pilihlah kepala busi yang berbahan karet bukan plastic, karena bahan karet lebih tahan lama dan kedap air, jika dibandingkan dengan bahan plastik.

Memang masih banyak penyebab lainnya seperti filter udara yang basah atau kabel yang terkelupas, tapi biasanya aktor utamanya adalah kondisi cop busi motor yang terkan basah. Jadi jangan diabaikan ya.

Image credit : betterdirtbikeriding.com

Berita terkait

News
Teknis Kendaraan 08.12.25

Tips Pepanjang Usia Aki Motor..

Mengingat fungsinya yang sangat vital, perawatan aki motor menjadi salah satu hal yang harus dilakukan secara rutin.  Pasalnya, komponen inilah...

News
Teknis Kendaraan 08.12.25

Pahami Dulu Nih Sebelum Mutusin..

Okeee sudah tahu belum bonus akhir tahun untuk belanja apa ? Penggemar motor trail pasti udah punya rencana nih buat...

News
Teknis Kendaraan 08.12.25

Bedah Fitur ABS Pada Motor..

Belum lama ini, pabrikan motor asal Jepang, Suzuki, meluncurkan produk motor trail terbaru mereka yaitu Suzuki DR150 FI ABS 2026....