Tips Hebat Bikin Awet Transmisi Motor Trail
Pernah ngalamin gak masalah pada transmisi motor trail Anda ? Suara perpindahan gigi yang kasar dan susah untuk menurunkan atau menaikan gigi, namun yang paling umum adalah suara rantai yang tidak mulus saat terjadi perpindahan gigi. Orang awam biasanya akan mencurigai bahwa rantai dan gir roda mereka yang bermasalah namun hal ini adalah tanda-tanda awal adanya kerusakan pada transmisi trail Anda.
Jika Anda tetap mengabaikan atau membiarkan masalah ini terus berlanjut, bersiaplah merogoh kocek lebih dalam untuk perbaikan transmisi motor trail Anda. Apa saja yang bisa dilakukan untuk memperpanjang usia transmisi motor anda? Dan perawatan apa saja yang harus dilakukan?
Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya mengenal fungsi transmisi pada kendaraan. Transmisi berfungsi untuk mengurangi beban kerja mesin., Mesin tidak bisa bekerja lama dalam putaran rpm yang tinggi, transmisi mengurangi beban tersebut dengan menurunkan putaran rpm ke level yang bisa ditoleransi oleh mesin. Tanpa lubrikasi yang baik, bagian-bagian didalam transmisi tidak bisa berfungsi dengan baik dan seiring dengan waktu pasti akan merusak bagian vital dari mesin motor trail Anda.
Memeriksa oli transmisi adalah hal pertama yang harus Anda lakukan saat mengalami masalah. Cek apa warna dan tingkat kebersihan oli tersebut masih memadai. Jika berwarna hitam, coklat atau memiliki bercak putih, sepertinya Anda harus segera menggantinya. Seperti layaknya oli mesin, oli transmisi juga harus diganti secara berkala. Lakukan hal ini secara rutin, maka daya tahan transmisi motor trail Anda akan lebih lama dan mesin menjadi lebih awet.
Langkah kedua adalah memeriksa apakah ada kebocoran pada sistem transmisi Anda. Jika anda menemukan oli dibawah motor anda, dan mencium aroma gosong saat menunggangi motor, maka kemungkinan besar ada kebocoran pada sistem transmisi motor anda. Periksa bagian transmisi anda apakah membutuhkan penggantian karet seal.
Ada tiga tempat karet seal di sistem transmisi namun kebocoran biasanya terjadi pada dua tempat yaitu dekat pijakan perseneling atau dibagian depan. Segera ganti karet seal jika memang ada kebocoran pada dua tempat tersebut. Kurangnya oli transmisi bisa mengakibatkan mesin menjadi cepat panas dan saat mesin menjadi panas, baragam masalah biasanya langsung menimpa Anda.
Lakukan dua pengecekan di atas secara rutin, maka Transmisi motor trail Anda akan bekerja dengan sempurna dan memiliki umur yang lebih panjang. Jangan malas, ingat betapa besaranya biaya yang harus dikeluarkan jika anda harus membetulkan sistem transmisi apalagi sampai menggantinya dengan yang baru.
image credit : mxsports.com